WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

3 Jenis Depresi Pasca Melahirkan yang Perlu Di Waspadai

Hipnoterapi Kesehatan

Depresi Pasca Melahirkan

Di samping merasakan kebahagiaan yang teramat sangat karena memiliki buah hati, seorang ibu juga rentan terkena 3 jenis depresi pasca melahirkan. 3 depresi tersebut memiliki ciri-ciri dan dampak yang berbeda, namun 3 depresi tersebut tidak bisa terjadi secara berbarengan. Para ahli menggolongkan 3 jenis depresi tersebut kedalam suatu tingkatan mulai dari yang ringan dan wajar hingga yang berat dan serius.

Depresi Pasca Melahirkan

Hipnoterapi Kesehatan

3 Tingkat Depresi yang Bisa Dialami Ibu Pasca Melahirkan

  • Baby blues syndrom

Syndrom jenis ini tergolong depresi pasca melahirkan yang wajar dialami dan dialami hingga 60% – 80% oleh ibu pasca melahirkan. Ibu yang mengalami baby blues akan mudah menangis, berganti-ganti mood, dan terlihat banyak merenung. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perasaan kekhawatiran baik kepada bayinya, atau kepada dirinya sendiri terutama karena fisiknya yang tidak secantik dulu lagi karena perut dan payudara yang mengendur.

  • Postpartum Depression

Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, 13% wanita melahirkan mengalami depresi postpartum. Angka depresi ini lebih tinggi pada negara berkembang, dimana mencapai titik 19,8%. Ibu yang mengalami depresi ini mengalami perasaan bersalah dan kecemasan yang berlebihan, hingga muncul keinginan untuk melakukan bunuh diri karena stress yang menekanya. Depresi postpartum terjadi apabila baby blues tidak tertangani, dan terus berlanjut hingga lebih dari 2 minggu pasca melahirkan.

  • Postpartum Psikiosis

Ini merupakan tingkatan depresi pasca melahirkan yang paling bahaya. Sangat sedikit yang mengalami depresi pada tingkat ini karena ini merupakan depresi lanjutan dari 2 tingkat sebelumnya yang tidak tertangani. Ciri-ciri ibu yang mengalami depresi ini adalah melakukan usaha-usaha untuk mencelakakan diri sendiri, bahkan senantiasa berusaha untuk membunuh buah hatinya sendiri karena dianggap menjadi sebab depresinya.

Kapan Sebaiknya Melakukan Penanganan Depresi yang Dialami Ibu Melahirkan?

Pencegahan sedini mungkin merupakan keputusan yang paling aman. Dalam artian, paling ideal dilakukan ketika seorang ibu melahirkan berada pada tahap baby blues. Hal tersebut karena resiko yang dialami oleh seorang ibu dan bayinya pada tahap ini sangat rendah karena memang gejala depresi yang alamiah. untuk mengatasinya, perlu kerjasama suami dan juga keluarga untuk memberikan perhatian lebih demi meningkatkan kepercayaan diri ibu pasca melahirkan.

Bila penanganan pada tahap baby blues gagal, maka anda harus memastikan bisa menangani depresi pasca melahirkan pada tahap postpartum depression. Karena bila sudah masuk postpartum psikiosis, bisa mengancam nyawa ibu dan anaknya. Banyak kejadian pembunuhan bayi oleh ibu kandungnya karena depresi yang berlarut-larut. Salah satunya seperti kasus ibu yang bunuh diri setelah membunuh anaknya seperti yang diberitakan di salah satu website terkemuka.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berkonsultasi Dengan Ahlinya?

Bila depresi masih pada tahap blue baby, sebenarnya penanganan masih bisa dilakukan secara pribadi, khususnya dengan dukungan keluarga dan juga suami. Berikan perhatian ekstra, dampingi selalu ibu hamil, berikan motivasi dan pujian-pujian, serta tunjukan bahwa keluarga dan khususnya suami senantiasa ada bersama dengan istri baik untuk sekedar mendengarkan keluh kesah ibu pasca melahirkan maupun membantu merawat dan mendidik buah hati.

Umumnya, anda baru benar-benar perlu untuk konsultasi dengan psikolog / hipnoterapis bila muncul tanda-tanda ibu hamil mengalami depresipostpartum. Hal tersebut karena selain resiko yang besar, depresi ini juga bisa mengakibatkan dampak yang fatal baik pada ibu ataupun bayinya bila ditangani dengan sesuai. Namun bila anda merasa khawatir, berkonsultasi walau masih pada tahap baby blues juga lebih baik dilakukan.

Pilihlah hipnoterapis yang terpercaya demi istri dan buah hati seperti https://herumindset.com/ agar depresi pasca melahirkan bisa ditangani sedini mungkin. Dengan menhubungi https://herumindset.com/contact/ anda dapat berkonsultasi mengenai masalah yang anda alami, dan pastinya kami akan memberikan solusi yang terbaik bagi anda.

MCW902



Hubungi Kami

Layanan Berkualitas Yang Anda Terima Akan Kami kemas ke dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, Ditambah Konsultasi Psikologi, Yang Pada Akhirnya Menjadi All in One Solution   Hipnoterapi Jakarta  Yang berkualitas, yang akan membuat anda Tidak Perlu kemana-mana lagi.

Butuh Info Lebih Detail?