WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

80% Ibu Pasca Melahirkan Mengalami Baby Blues Syndrom

Hipnoterapi Kesehatan Herumindset | Palm 88

Baby Blues Syndrom

Baby Blues Syndrom atau juga disebut sebagai Postpartum Distress Syndrom merupakan depresi yang dialami oleh seorang Ibu pasca melahirkan. Rasa depresi itu muncul secara alamiah sehingga seorang ibu berada pada sebuah kondisi yang muncul perasaan sedih berlebihan akibat kelaihranya. Mungkin untuk para calon ibu / ayah yang membaca artikel ini merasa heran. Bukankah akan memiliki anak merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri?

Faktanya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli, tingkat depresi yang dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan mencapai angka 60-80%. Sebenarnya, hingga pada tahapan ini, depresi yang dialami oleh seorang ibu, khususnya ibu yang baru memiliki anak merupakan hal yang wajar. Biasanya, depresi ini akan terjadi sejak 3 atau 4 hari pasca melahirkan dan akan mereda 14 hari setelah melahirkan.

Baby Blues Syndrom

Hipnoterapi Kesehatan Herumindset | Palm 88

Penyebab Ibu Mengalami Baby Blues

Sebenarnya, faktor yang menyebabkan timbulnya depresi yang dialami oleh mayoritas ibu melahirkan ini adalah transisi perubahan status seorang ibu melahirkan. Inilah mengapa baby blues cenderung dialami oleh ibu yang baru pertama kali melahirkan. mengapabisa terjadi? Sebab pertama adalah perubahan hormonal. Penurunan hormon estrogen dan progesterone yang drastis menyebabkan seorang ibu mudah lemah, penurunan mood, dan timbul rasa tertekan.

Penyebab baby blues syndrom berikutnya adalah perubahan psikis. Kita tahu bersama bahwa hormon mampu mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Misalnya seorang yang sedang takut dipengaruhi oleh meningkatnya hormon adrenalin dalam tubuh. Ditambah lagi, bayi yang baru lahir jam tidurnya sangat tidak pasti sehingga menuntut orang tua untuk bangun 24 jam penuh. Hal ini menimbulkan kelelahan psikologis sehingga menimbulkan stres, disamping berbagai kekhawatiran kehilangan kasih sayang dan sebagainya.

Yang terahir adalah perubahan fisik. Melahirkan, baik secara normal ataupun caesar akan meninggalkan bekas fisik yang tidak akan hilang. Disamping itu, bagian perut dan payudara juga tidak sekencang sebelumnya. hal ini juga menyebabkan munculnya beban psikologis pada ibu pasca melahirkan dimana merasa kurang percaya diri dan takut ditinggalkan / tidak dicintai oleh suaminya lagi.

Ciri-ciri dan Dampak Baby Blues

Seorang ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan umumnya adalah mudah melamun, mudah marah / ngambek, serta sering menangis tanpa sebab. Selain itu, beberapa tanda-tanda seorang ibu yang mengalami baby blues syndrom adalah:

• Cuek terhadap bayinya. Namun pada bebrapa khasus terlalu perhatian dan protektif kepada bayinya sehingga muncul ketakutan berlebih.

• Sering sedih dan menangis bila melihat bayinya.

• Sangat khawatir terhadap dirinya sendiri baik khawatir tidak bisa merawat si bayi, atau khawatir tidak mendapatkan kasih sayang lagi dari suaminya.

• Mood mudah berganti-ganti

Bila depresi tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, maka bisa meyebabkan depresi yang lebih serius. Pada kasus-kasus yang pernah terjadi, depresi pada tingkat ini bisa menyebabkan penolakan oleh ibu kepada buah hatinya sendiri, melakukan kekerasan terutama karena selalu rewel, atau bahkan dalam beberapa kasus terjadi pembunuhan kepada bayinya sendiri.

Tips Mengatasi Baby Blues Syndrom

Untuk mengatasi depresi pasca melahirkan yang berlangsung pada 2 bulan awal ini, sebenarnya cukup sederhana namun membutuhkan kerja sama suami dan keluarga. Seorang ibu yang mengalami depresi harus mendapatkan dukungan mental serta kepercayaan diri agar segala kekhawatiranya bisa terjawab dan memberikan kekuatan kepada ibu hamil. Seorang suami harus selalu mendampingi, menunjukan perhatian, memanjakan, bahkan hingga tataran memuji.

Namun bila pada depresi semakin bertambah buruk, terutama karena suami memiliki kesibukan yang tinggi, maka mintalah bantuan psikiater sepert seperti https://herumindset.com/ agar baby blues bisa teratasi dan tidak bertambah parah. Segera hubungi kami di https://herumindset.com/contact/ untuk berkonsultasi mengenai masalah lain yang anda alami.

MCW902



Hubungi Kami

Layanan Berkualitas Yang Anda Terima Akan Kami kemas ke dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, Ditambah Konsultasi Psikologi, Yang Pada Akhirnya Menjadi All in One Solution   Hipnoterapi Jakarta  Yang berkualitas, yang akan membuat anda Tidak Perlu kemana-mana lagi.

Butuh Info Lebih Detail?