Berbagai Macam Terapi Psikologi dan Manfaatnya

img source : https://herumindset.com/blog/wp-content/uploads/2018/12/6.-Berbagai-Macam-Terapi-Psikologi-dan-Manfaatnya.jpg

Macam terapi psikologi mungkin menjadi salah satu informasi yang ingin Anda kuasai. Apalagi jika Anda sangat penasaran tentang terapi-terapi tersebut dan ingin tahu lebih lanjut tentang hal-hal tersebut. Sesungguhnya, terapi psikologi itu ada berbagai macam. Setiap macam memiliki manfaatnya masing-masing dan memang hanya diberlakukan untuk permasalahan tertentu saja. Lalu, ingin tahu lebih lanjut tentang jenis-jenis terapi psikologi?

Jenis-Jenis Terapi Psikologi yang Perlu Anda Ketahui

Umumnya, ada 7 macam terapi psikologi yang biasanya dilakukan. Terapi-terapi tersebut menjadi langkah yang tepat untuk dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk berbagai permasalahan psikologi. Untuk itu, Anda pun akan mendapatkan terapi yang sesuai dengan permasalahan Anda. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis terapi psikologi tersebut, Anda bisa membaca beberapa penjelasannya berikut ini!

Salah satu dari macam terapi psikologi yang seringkali ditemui adapat CBT. CBT ini merupakan singkatan dari Cognitive Behavioural Therapy. Lewat konsultasi dan terapi ini, psikolog akan mengarahkan Anda untuk berpikir dan juga bertindak sesuai untuk menyelesaikan permasalahan Anda. Selain itu, ada pula terapi Dialectival Behavioural Therapy yang tentunya akan sangat cocok untuk mengontrol emosi. Terapi ini juga cocok untuk remaja.

Psychodynamic Therapy menjadi macam terapi psikologi selanjutnya yang juga seringkali dipilih oleh para ahli. Jenis terapi yang satu ini lebih terfokus untuk ‘membebaskan’ Anda dari kenangan pahit di masa kecil atau masa lalu Anda, yang mungkin bisa mempengaruhi kondisi psikologis Anda di masa kini. Emotion-Focused Therapy (EFT) menjadi salah satu jenis terapi psikologi yang juga berkaitan dengan trauma di masa lalu.

Play therapy menjadi salah satu jenis terapi yang cocok untuk diterapkan pada anak-anak. Ya, masa pertumbuhan anak-anak memang sangatlah perlu untuk dipantau. Bukan hanya secara fisik, perkembangan psikologis anak pun harus terpantau. Jika Anda merasa bahwa anak Anda memiliki sedikit masalah, mungkin terapi yang satu ini bisa cocok untuk anak Anda dan membuatnya tumbuh lebih baik.

Jika Play Therapy cocok untuk terapi anak, maka Psychotherapy adalah terapi yang cocok untuk memperbaiki hubungan antara anak dan orang tua. Pada sesi terapi ini, anak dan orang tua yang sedang berada dalam konflik bisa diarahkan untuk mengerti satu sama lain. Diharapkan, setelah melakukan serangkaian terapi tersebut, kedua anak dan orang tua bisa memiliki hubungan yang lebih baik.

Terapi psikologi lainnya adalah Family Therapy. Sesuai dengan namanya, tentunya terapi ini pun dikhususkan untuk satu keluarga secara utuh. Hal ini bisa membantu membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih harmonis. Terapi-terapi tersebut bisa dilakukan dengan beberapa sesi konsultasi. Ada pula yang menggunakan hipnoterapi, karena hipnoterapi juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalah psikologi. Demikian macam terapi psikologi yang bisa kami jelaskan untuk Anda.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *