Jangan Lari dari Rasa Takut, Ubah Pola Pikir Mengenai Rasa Takut dengan Tips Berikut Ini

Apakah Anda memiliki rasa takut berlebihan terhadap sesuatu? Takut terhadap ketinggian? Serangga? Atau bahkan takut untuk menjalani sebuah tanggung jawab besar? Rasa takut yang dimiliki seseorang biasanya muncul dari pengalaman buruk di masa lalu yang meninggalkan trauma mendalam. Tidak peduli pengalaman atau peristiwa apapun yang melatarbelakangi timbulnya rasa takut  yang Anda miliki, Anda harus belajar mengendalikannya, sebab rasa takut tersebut bisa saja menjadi penghambat dalam mencapai tujuan hidup. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi rasa takut? Kita simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Pahami Penyebab Rasa Takut Anda

Memiliki rasa takut adalah hal yang normal. Anda tidak boleh menganggapnya sebagai sesuatu yang memalukan dan harus dihindari. Justru, Anda harus ‘berteman’ dengan sesuatu yang membuat Anda takut, agar rasa takut tersebut dapat berkurang sedikit demi sedikit. Pertama-tama, Anda harus memahami alasan Anda memiliki rasa takut terhadap hal tertentu, misalnya takut terhadap anjing. Anda harus dapat mengidentifikasi kapan rasa takut itu tumbuh menjadi ketakutan yang berlebihan. Kenali juga respons tubuh Anda ketika rasa takut itu melanda. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menutup diri untuk menyembuhkan rasa takut tersebut.

  • Hilangkan Pikiran Buruk Terhadap Penyebab Rasa Takut

Seseorang yang takut pada anjing mungkin lebih takut kepada sisi menakutkan anjing yang mungkin akan menggigit atau suara gonggongannya yang menakutkan. Padahal, jika kita melihat berbagai gambar dan video tentang anjing di internet, anjing-anjing tersebut ternyata tidak menakutkan sama sekali. Mereka bahkan dapat bertingkah konyol saat sedang bermain dengan pemilikinya. Atau, Jika Anda takut akan komitmen untuk menjalin hubungan serius, coba bayangkan rasa bahagia yang muncul ketika Anda bersama orang yang Anda sayangi. Sisi lain itulah yang harusnya Anda cari dari penyebab rasa takut Anda. Jangan terus-menerus tenggelam dalam trauma masa lalu dan mengaitkannya dengan keadaan Anda saat ini.

  • Hadapi Rasa Takut

Rasa takut yang bertahan dalam jangka waktu lama biasanya muncul karena kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut adalah menghentikan kebiasaan tersebut dan cobalah untuk berdamai dengan rasa takut Anda. Tanamkan keyakinan bahwa tidak semua anjing itu suka menggigit. Jika rasa takut itu muncul, bayangkan betapa lucunya anjing-anjing yang Anda lihat di internet. Cobalah untuk bertandang ke rumah seorang teman yang memelihara anjing dan perhatikan interaksi yang mereka jalin ketika sedang bermain. Jika Anda merasa yakin bahwa anjing tersebut tidak akan menyakiti Anda, cobalah untuk mengelus kepalanya dan jangan biarkan anjing tersebut mencium rasa takut dari diri Anda.

Jangan biarkan rasa takut yang Anda miliki menghantui seumur hidup. Cobalah untuk menerima rasa takut sebagai bagian diri Anda,namun jangan sungkan untuk meminta bantuan pada seorang ahli untuk menyembuhkan rasa takut tersebut.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *