Kiat-Kiat Mudah dalam Menyembuhkan Fobia

Hampir semua orang memiliki ketakutan pada sebuah benda atau situasi tertentu. Contohnya saja takut akan ketinggian, serangga, badut, atau bahkan benda-benda kecil nan lucu seperti balon dan boneka. Bagi orang yang tidak memiliki fobia (phobia ), rasa takut tersebut mungkin terkesan aneh dan tidak lazim. Namun, bagi mereka yang memiliki fobia, berada di tempat yang tinggi atau bertemu dengan badut bisa saja menjadi pengalaman buruk yang dapat membuat tubuh lemas tak berdaya. Sebenarnya, fobia bukanlah keadaan yang harus dikhawatirkan, sebab masih bisa disembuhkan melalui terapi dan penanganan khusus seperti berikut ini.

  1. Jangan Lari dari Rasa Takut Anda

Hal paling mudah yang seseorang dapat lakukan ketika menemukan sesuatu yang membuatnya takut adalah lari menjauh darinya. Bila Anda ingin fobia tersebut sembuh, Anda harus berani mengambil risiko untuk menghadapinya. Menghindari hal atau keadaan yang menimbulkan rasa takut berlebihan mungkin akan membuat Anda merasa lebih baik untuk sementara waktu. Namun, dengan menghindar, Anda mungkin tidak akan pernah tahu jika fobia Anda tersebut sebenarnya tidak menyeramkan seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Alhasil, Anda tidak dapat belajar bagaimana menangani diri sendiri saat rasa panik menyerang. Fobia yang Anda miliki pun tidak akan pernah menghilang atau bahkan semakin menjadi-jadi.

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi fobia adalah dengan menghadapi rasa takut itu sedikit demi sedikit. Dengan menghadapi hal tersebut, Anda akan dapat belajar bagaimana cara mengendalikan diri selama masa ‘krisis’.

  • Mempelajari Teknik Relaksasi

Ketika dihadapkan pada keadaan yang membuat Anda takut, mungkin Anda akan mengalami serangkaian gejala yang tidak mengenakkan, seperti jantung berdetak sangat kencang, muncul keringat dingin, atau bahkan sekujur tubuh yang gemetar. Teknik relaksasi seperti meditasi dan pengaturan napas bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi gejala fobia seperti yang sudah disebutkan di atas. Meditasi serta latihan pernapasan secara teratur dapat membantu Anda mengendalikan gejala yang muncul ketika rasa panik menyerang. Fobia yang Anda hadapi pun dapat terasa ringan dan tidak menakutkan seperti sebelumnya.

  • Hilangkan Pikiran Negatif

Belajar bagaimana menghilangkan pikiran negatif adalah langkah penting dalam mengatasi fobia. Ketika seseorang mengalami rasa takut yang berlebihan, mereka cenderung berpikir berlebihan ke arah bencana dan merasa diri mereka lemah. Saat pikiran buruk dan rasa cemas menyerang Anda, baiknya alihkan pikiran pada sesuatu yang lain. Misalnya, saat Anda terjebak dalam lift, jangan bayangkan Anda akan terjebak selamanya hingga kehilangan napas. Pikirkan bahwa hal tersebut sudah sering terjadi dan orang-orang yang berada di dalam lift tersebut pun dapat diselamatkan. Memikirkan hal-hal buruk yang sebenarnya belum tentu terjadi hanya akan memperburuk keadaan di sekitar dan kondisi tubuh Anda.

Tingkat stres yang dialami oleh setiap orang yang memiliki fobia tentunya berbeda-beda. Namun, jika Anda merasa fobia yang Anda miliki sudah memengaruhi kualitas hidup Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan para profesional untuk menyembuhkannya.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *