Kiat-Kiat Sederhana untuk Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa cemas akibat beban kehidupan sehari-hari atau trauma masa lalu. Pada beberapa kasus, intensitas rasa cemas pada seseorang bisa saja lebih tinggi dari biasanya. Bahkan, orang yang memiliki rasa cemas berlebihan tidak jarang merasa takut untuk keluar rumah karena takut akan menemui atau mengalami sesuatu yang dapat membahayakan dirinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Rasa cemas yang berlebihan masih dapat diatasi dengan mengubah pola pikir terhadap hal-hal yang membuat Anda merasa tidak tenang. Untuk lebih jelasnya, kita simak tips-tips berikut ini.

  1. Hindari Memikirkan Hal-Hal Kecil Secara Berlebihan

Rasa cemas tidak jarang muncul karena kita terlalu memikirkan suatu hal secara berlebihan yang dapat menumbuhkan asumsi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, Anda harus mulai mengubahnya sekarang juga. Ketika Anda merasa sudah terlalu dalam memikirkan sesuatu hingga menjurus pada sifat curiga atau ketakutan berlebihan, tarik dan buang nafas sedalam mungkin, lalu alihkan perhatian pada hal-hal yang membuat Anda senang. Selain itu, memendam perasaan atau pikiran terlalu dalam juga tidak ada gunanya. Sebaiknya, Anda membicarakan hal tersebut secara baik-baik kepada orang yang bersangkutan.

  • Jangan Terlalu Tenggelam dalam Rasa Gelisah

Menanti pengumuman kelulusan atau panggilan wawancara kerja biasanya dapat membuat Anda merasa tidak tenang. Padahal, tanpa ditunggu atau dipikirkan pun, saat-saat itu pada akhirnya akan tiba. Jadi, untuk apa membuang waktu dan energi kita untuk mencemaskan hal-hal atau kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi? Nikmati waktu penantian Anda dengan kegiatan positif yang dapat membuat Anda lebih rileks, seperti berlibur, menonton film, atau membaca buku.

  • Cobalah untuk Beranjak dari Zona Aman

Rasa takut dan cemas biasanya disebabkan oleh rasa asing terhadap hal-hal baru. Karena kita tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan pada hal tersebut, pikiran kita pun mulai memproduksi skenario tentang kemungkinan buruk yang dapat menimpa kita akibat ketidaktahuan tersebut. Cara mengatasinya bukan lantas menghindari tempat atau aktivitas baru tersebut. Justru, kita harus mampu membiasakan diri pada kondisi atau tempat tersebut hingga kita benar-benar mengetahui seluk-beluknya. Tidak masalah jika orang-orang baru di sekitar Anda menyebalkan. Lagipula, tidak ada manusia yang sempurna, bukan?

  • Meditasi

Metode yang satu ini dapat dikatakan cukup ampuh dalam mengatasi rasa cemas berlebihan . Meditasi dapat membantu Anda lebih fokus, rileks, dan mengenal diri Anda secara menyeluruh. Sesekali, luangkan waktu untuk meditasi di tempat yang dapat memberikan Anda ketenangan. Biarkan segala kecemasan dan pikiran-pikiran negatif yang ada dalam otak Anda luruh.

Jika rasa cemas yang Anda miliki sudah berada pada tahap yang mengkhawatirkan, jangan takut untuk meminta bantuan pada ahlinya. Mencari solusi untuk mengatasi masalah Anda tentunya jauh lebih baik dibanding memendamnya terlalu lama.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *