4 Jenis Terapi Khusus untuk Menangani Fobia

Fobia berdampak buruk bagi perkembangan diri Anda

Fobia (phobia ) merupakan suatu keadaan ketika seseorang mengalami rasa takut berlebihan terhadap objek atau kondisi tertentu. Seseorang yang mengalami ketakutan berlebihan biasanya mengalami gejala seperti gemetar, jantung yang berdetak lebih cepat dari biasanya, keringat dingin, atau bahkan kehilangan kesadaran. Kondisi tersebut sebenarnya dapat ditangani melalui penanganan khusus seperti terapi. Beberapa penanganan khusus yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan fobia di antaranya adalah:

  1. Mengonsumsi Obat Penenang

Konsumsi obat-obatan yang memberikan efek menenangkan sebenarnya tidak banyak direkomendasikan oleh para praktisi medis. Namun, obat-obatan biasanya diberikan untuk menangani kecemasan dalam jangka waktu pendek. Beberapa obat penenang yang diberikan adalah antidepresan, tranquiliser, dan beta-blocker.

  • Desensitization

Desensitization merupakan jenis terapi yang dinilai paling efektif dalam menangani gangguan kecemasan serta rasa takut berlebihan. Desensitization mengobati fobia dengan cara mengubah pola pikir dan perilaku Anda terhadap objek atau keadaan yang menimbulkan rasa takut. Salah satu metode diterapkan dalam penanganan fobia adalah dengan memaksa pasien untuk menghadapi fobia sampai pasien merasa familier atau tidak lagi terancam dengan objek atau situasi tersebut. Contohnya, jika Anda mengalami fobia terhadap badut, si terapis akan menganjurkan Anda untuk membaca atau menonton sesuatu yang berkaitan dengan badut. Terapis kemudian menunjukkan gambar badut pada Anda. Selanjutnya, Anda akan diajak ke sebuah tempat atau pementasan yang terdapat badut di dalamnya, lalu Anda akan diminta untuk berinteraksi dengan si badut seperti bersalaman atau foto bersama.

Terapi semacam ini biasanya dilakukan bertahap hingga pasien mengalami kendali atas dirinya sendiri saat rasa panik menyerang.

  • Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

Selain Desensitization , CBT juga banyak diterapkan dalam penanganan fobia. Teknik CBT masih bekerja melalui alam bawah sadar Anda dengan cara mengubah pandangan Anda mengenai objek dan situasi yang menimbulkan rasa takut berlebihan. CBT bekerja dengan cara mengendalikan pikiran dan perasaan Anda terhadap objek fobia. Anda juga akan belajar mengenali ketakutan Anda dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

  • Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi merupakan salah satu metode terapi fobia yang cukup mudah untuk diterapkan. Meditasi tidak selalu berhubungan dengan aktivitas duduk bersila sambil mengucapkan mantra-mantra tertentu. Intinya, meditasi merupakan kegiatan untuk mencari ketenangan sehingga pikiran dapat teralihkan dari hal-hal yang membuat Anda cemas dan takut. Selain meditasi, teknik pernapasan juga dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas ketika dihadapkan pada situasi atau objek tertentu. Bila perlu, lakukan kegiatan relaksasi tersebut secara teratur agar Anda dapat mengendalikan tingkat stres dan rasa cemas sehingga tidak memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup Anda.

Rasa takut muncul dalam diri Anda bukan untuk dihindari selamanya, melainkan untuk ditaklukkan. Lantas, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki metode khusus untuk menangani fobia?

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *