Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba

Berawal dari coba-coba, lama-lama kecanduan. Mungkin begitulah awal cerita para pengguna narkoba, yang barangkali termasuk Anda, yang sampai saat ini sedang berjuang untuk berhenti menggunakannya. Kalau Anda mau, Anda pasti bisa. Untuk itu, Anda dapat mempraktikkan tiga tahapan cara mengatasi kecanduan narkoba berikut ini:

  1. Tahap persiapan

Terlebih dahulu, Anda harus menyadari bahwa hal yang Anda lakukan itu salah. Anda perlu merenungkan ulang alasan Anda menggunakan narkoba, hal-hal buruk yang sudah menimpa hidup Anda akibat penggunaan narkoba, serta alasan Anda untuk memulai hidup yang baru. Sesudah itu, tetapkan komitmen yang teguh untuk memulai tahap penyembuhan. Mintalah bantuan keluarga untuk membantu Anda keluar dari jerat narkoba.

  • Tahap penyembuhan

Tahap penyembuhan bertujuan untuk memutus narkoba dari dalam tubuh. Anda bisa melakukan penyembuhan di panti rehabilitasi dengan pengawasan dokter atau di rumah dengan pengawasan keluarga. Apabila Anda melakukannya di rumah, beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Siapkan ruangan dengan kamar mandi. Anda bisa mandi saat rasa nyeri atau meriang muncul pada tahap penyembuhan.
  • Supaya tubuh tidak lemas selama proses penyembuhan, Anda harus memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan bergizi.
  • Tahap kehidupan baru

Terbebas dari narkoba berarti Anda sudah siap dengan kehidupan yang baru. Selesai dari tahap penyembuhan, tidak ada salahnya kalau Anda memulai dari hal sederhana, seperti mengubah penampilan, misalnya gaya berpakaian dan tatanan rambut yang akan membuat Anda tampak lebih segar.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan sesudah terbebas dari narkoba.

  1. Memulai gaya hidup sehat

Hidup sehat bisa Anda peroleh apabila Anda rajin berolah raga, makan makanan bergizi, serta cukup istirahat.

  • Menyusun rencana hidup

Mungkin selama ini, hidup Anda agak kacau-balau karena kurangnya konsentrasi akibat konsumsi narkoba. Akan tetapi setelah Anda berhenti, kehidupan yang baru akan penuh dengan energi alami dari dalam diri. Kini saatnya menetapkan tujuan-tujuan yang ingin Anda capai di masa depan.

  • Mendekatkan diri pada keluarga

Mungkin narkoba sudah membuat hidup Anda selama ini jauh dari keluarga. Kini saatnya mempererat hubungan Anda dengan cara lebih terbuka kepada mereka. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sendiri. Ada keluarga yang selalu ada untuk Anda.

  • Ikuti berbagai kegiatan sosial

Banyak kegiatan sosial yang terdapat di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, seperti kerja bakti, kunjungan ke panti, penyuluhan tentang narkoba, atau menjadi relawan kegiatan sosial. Beraktivitas bersama masyarakat akan membuat Anda menyadari bahwa banyak hal nyata yang bisa Anda lakukan selama ini. Selain itu, Anda juga bisa turut serta berbagi pengalaman sebagai pembelajaran kepada masyarakat supaya yang pernah terjadi pada Anda tidak sampai terjadi pada orang lain. Setiap ada keinginan, akan selalu ada jalan selama itu diusahakan. Demikian pula dengan Anda yang selama ini sedang berusaha untuk keluar dari jerat narkoba. Modal terbesar untuk memulai hidup tanpa narkoba sesungguhnya berasal dari dalam diri Anda sendiri. Semoga penjelasan mengenai cara mengatasi kecanduan narkoba ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *