Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri

img source : https://herumindset.com/blog/wp-content/uploads/2018/12/6.-Cara-Mengatasi-Rasa-Kurang-Percaya-Diri.jpg

Cara mengatasi kurang percaya diri perlu dilakukan agar kita bisa menampilkan potensi yang dimiliki dengan optimal. Banyak orang yang merasa kurang percaya terhadap kemampuan dirinya. Bahkan, masalah ini sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apabila perasaan ini terus diabaikan, bisa jadi akan mengganggu aktivitas kita dalam sehari-hari. Itulah mengapa, masalah ini harus segera di atas dengan tepat.

Penyebab Kurang Percaya Diri

Secara psikologis, pengalaman masa lalu sangatlah berpengaruh terhadap bagaimana diri kita, mulai dari berpikir hingga bertindak. Kurang percaya diri membuat kita mudah pesimis, putus asa dan merasa bahwa diri kita tidak memiliki potensi. Tentu saja hal ini bisa menjadi penghambat untuk kemajuan kita sendiri sehingga harus ada cara untuk mengatasi kurang percaya diri.

Sebenarnya, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kita merasa kurang percaya diri, antara lain:

  • Pengalaman pernah dibully

Sekarang ini, marak diberitakan kejadian bully yang terjadi di berbagai tempat. Padahal, fenomena ini sudah terjadi sejak dulu, hanya saja baru terungkap sekarang. Seseorang yang pernah atau dibully bisa membuatnya kurang percaya diri sehingga membutuhkan cara mengatasi kurang percaya diri.

  • Selalu direndahkan

Seeorang mungkin pernah mengalami direndahkan oleh teman-temannya. Terkadang, orang lain merendahkan kita bukan karena kita tidak kompeten, tapi mereka iri terhadap apa yang kita miliki. Tapi, beberapa orang yang direndahkan justru berpikir sebaliknya. Mereka yang pernah direndahkan justru setuju karena tidak memiliki kekuatan untuk melawannya.

  • Kegagalan di masa lalu

Kegagalan sebenarnya hal wajar bagi setiap orang. Semua orang pun pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun, beberapa orang menganggap bahwa kegagalan yang pernah dialaminya menjadi bukti bahwa dirinya tidak kompeten sehingga mereka akan merasa kurang percaya diri. Inilah cara mengatasi kurang percaya diri yang efektif.

Pentingnya Percaya Diri

Percaya diri harus dimiliki oleh semua orang, bukan berlebih tapi secukupnya saja. Percaya diri yang berlebih dapat membuat kita sombong atau terperangkan ke dalam kenikmatan. Percaya diri diperlukan untuk mengembangkan potensi yang kita miliki. Kita tidak akan pernah tahu potensi dalam diri jika tidak mencobanya. Untuk mencoba sesuatu, dibutuhkan rasa percaya dan yakin bahwa diri kita mampu sebagai jalan untuk mengatasi kurang percaya diri.

Bagi beberapa orang tidak mudah memang mengembangkan rasa percaya diri, terlebih bagi mereka yang pernah mengalami peristiwa tidak menyenangkan. Diperlukan penanganan khusus jika rasa kurang percaya diri ini menimbulkan masalah bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin mengatas masalah ini, Anda bisa percayakan pada Heru Mindset. Disini, kami akan membantu Anda dalam mengubah mindset sehingga menjadi lebih positif dan menghilangkan keragu-raguan terhadap diri Anda sendiri. Jangan ragu untuk mengunjungi website kami di https://herumindset.com/blog/ sebagai solusi untuk mengatasi kurang percaya diri.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *