Apakah Paranoid Dapat Diatasi?

img source : https://herumindset.com/blog/wp-content/uploads/2018/12/9.-Apakah-Paranoid-Dapat-Diatasi-1.jpg

Paranoid atau paranoia merupakan perasaan dan pikiran seseorang yang seakan-akan dirinya terancam dan berada dalam bahaya, meskipun pada dasarnya tidak ada bukti nyata. Seeorang yang merasa sering takut, mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu gejala dari paranoia. Rasa takut berlebih jika terus dibiarkan bisa menjadikan Anda sebagai penderita paranoia. Lalu, apakah gangguang ini bisa diatasi?

Rasa Takut Berlebih

Setiap orang pasti pernah meraa takut atau takut terhadap sesuatu. Begitu juga dengan orang yang mengidap paranoid. Sumber takut yang sama mungkin akan menyebabkan ia merasa sangat takut dan ketakutan ini akan semakin besar. Hal ini disebabkan karena penderita paranoia mengalami delusi dimana mereka merasa menjadi pusat dunia yang penuh ancaman. Tidak heran jika mereka selalu merasa tidak aman.

Terdapat beberapa gejala yang mungkin bisa menjadi indikasi seseorang mengalami paranoia. Berikut ini adalah beberapa jenis pikiran paranoid yang sering dialami, seperti:

• Merasa sedang dibicarakan di belakang oleh sekelompok orang.

• Merasa bahwa ada orang yang ingin mencemarkan nama baik Anda.

• Pikiran atau perilaku yang sedang diganggu orang lain.

• Merasa sedang dikendalikan atau menjadi target buruan.

• Merasa selalu berada dalam bahaya hingga bisa membuatnya terbunuh.

• Orang lain sengaja membuat kita merasa marah atau kesal.

Apabila Anda pernah berpikiran atau merasa hal-hal demikian, maka Anda perlu waspada dan perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. Anda sudah bisa mencari penanganan yang tepat agar gejala tersebut tidak berkembang menjadi lebih mengkhawatirkan.

Apakah Paranoid Bisa Disembuhkan?

Tidak mudah untuk mengatasi gangguan paranoid yang dialami oleh seseorang karena pikiran ini menyebabkan mereka mudah marah, mudah melakukan tidak kekerasan hingga pertahanan emosional dalam dirinya. Anda harus sabar ketika sedang mengikuti berbagai pengobatan dari gangguan ini. Terlepas dari cepat atau lambatnya proses pengobatan, gangguan ini berpotensi untuk sembuh dan terhubung kembali.

Gangguan ini terjadi karena ada kesalahan dalam kognitif atau hal-hal yang diyakininya sehingga diperlukan terapi perilaku kognitif. Apabila Anda merasa mungkin mengalami paranoid, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya, seperti:

• Mencari dukungan dari orang terdekat, seperti keluarga, teman atau pasangan.

• Belajar untuk lebih santai dan rileks, baik pikiran ataupun perasaan.

• Mencurahkan semua keluh kesah dalam diary.

• Menjaga diri sendiri dari berbagai kemungkinan terburuk.

Apabila Anda membutuhkan seseorang yang ahli, Anda bisa mempercayakannya pada kami Heru Mindset. Kami siap membantu Anda dalam mengatasi pikiran dan perasaan negatif untuk menggantinya menjadi hal-hal yang lebih positif sehingga diharapkan bisa membantu meringankan gangguan paranoia yang Anda alami. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaik melalui https://herumindset.com/blog/ sebagai seolusi untuk mengatasi gangguan paranoid.

Love This Article?
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *