5 Cara Meningkatkan Konsentrasi

Yuk, Tingkatkan Konsentrasi dengan Lima Cara Berikut!

 

cara meningkatkan konsentrasi
source: www.andriewongso.com

Kita semua tentu paham: konsentrasi adalah kunci bagi produktivitas. Bagaimanapun, konsentrasi tinggi akan mendorong pikiran Anda fokus, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan efektif dan efisien. Sayangnya, berkonsentrasi bukanlah hal yang mudah. Tak jarang, beberapa orang mengaku hanya mampu berkonsentrasi secara penuh dalam jangka waktu beberapa jam!

Melatih diri untuk berkonsentrasi secara penuh memang butuh usaha dan waktu ekstra. Berikut adalah lima cara meningkatkan konsentrasi yang bisa Anda pelajari.

  1. Rancang To-do-list

Susunlah rencana atau to-do-list yang harus Anda lakukan sepanjang hari. Duduk di meja kerja tanpa rencana hanya akan memicu Anda untuk melakukan aktivitas lain (yang sebenarnya tidak terlalu penting) seperti browsing, mengecek media sosial, dsb. Nah, to-do-list sendiri “menjaga” Anda tetap fokus pada waktu serta ritme kerja yang efektif, sehingga waktu tidak lagi terbuang sia-sia.

  1. Satu Pekerjaan untuk Satu Waktu

Sebelum beralih ke pekerjaan lain, biasakan diri Anda untuk menyelesaikan satu pekerjaan hingga benar-benar tuntas. Di sini, memaksa diri untuk multitasking bukanlah solusi. Pasalnya, yang terjadi justru: otak akan merasa kebingungan, karena dituntut untuk berkonsentrasi dan “melompat” pada banyak hal sekaligus.

Mengerjakan satu pekerjaan untuk satu waktu pada akhirnya “memaksa” Anda untuk fokus. Dengan demikian, risiko Anda terganggu dengan beragam distraksi pun semakin kecil.

  1. Beristirahat Selama Lima Menit Setiap Satu Jam

Berikan otak Anda ruang/jeda waktu untuk beristirahat, setidaknya selama lima menit per satu jam. Hal ini terutama berlaku pada aktivitas-aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh. Konsentrasi sendiri membutuhkan pikiran yang tenang. Memaksa otak terus bekerja selama berjam-jam tanpa jeda hanya akan membuat Anda merasa lelah, bosan, sehingga daya konsentrasi menurun drastis.

Hindari memforsir otak untuk bekerja. Anda bisa memberikan jeda dengan berjalan-jalan sebentar, berhenti bekerja dan mendengarkan musik/menonton televisi, atau justru makan camilan sehat. Nah, jika Anda harus bekerja dalam durasi lama, disarankan pula untuk menyediakan satu hingga dua jam untuk tidur nyenyak.

  1. Meditasi

Ini adalah salah satu latihan umum yang bisa Anda praktikkan dalam rangka meningkatkan konsentrasi. Nah, meditasi di sini bukan berarti “mengosongkan pikiran”. Lebih dari itu, meditasi adalah cara memusatkan pikiran Anda terhadap satu hal tertentu.

Sering atau justru terbiasa bermeditasi pada akhirnya mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi Anda. Adapun selain meditasi, Anda juga bisa mencoba yoga, tai-chi, atau sekadar menarik dan mengembuskan napas pelan-pelan.

  1. Biasakan Pola Hidup Sehat

Konsentrasi erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Ini artinya, semakin lancar aliran darah ke otak, semakin tinggi pula konsentrasi yang bisa Anda dapatkan.

Salah satu cara untuk memaksimalkan aliran darah ke otak adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Caranya beragam, mulai dari mengonsumsi makanan kaya protein, mengurangi konsumsi karbohidrat, berolahraga teratur, hingga tidur cukup.

Jangan lupa, untuk tetap bangun pagi dan tidak mengabaikan sarapan. Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang rutin sarapan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik (ketika di kelas), ketimbang yang tidak.

Itulah lima cara meningkatkan konsentrasi yang bisa Anda pelajari. Agar semakin termotivasi, Anda bisa menambahkan unsur reward (hadiah/penghargaan), ketika berhasil menuntaskan pekerjaan tertentu. Adapun penghargaan ini bisa berupa liburan, menonton televisi, atau melakukan hobi.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *