5 Lima Cara Menghilangkan Stres

Inilah Lima Cara Menghilangkan Stres

 

5 cara menghilangkan stress
source: momaboard.com

 

Menjalani hari-hari yang penuh dengan pekerjaan dan aktivitas dapat membuat Anda merasa tertekan dan stres. Belum lagi permasalahan dalam keluarga, pertemanan, dan rekan kerja yang semakin menambah beban pikiran.

Rasa tertekan dan stres sebenarnya dapat diredam dengan melakukan perubahan sederhana dalam pola hidup. Anda bisa menyediakan waktu untuk berolahraga, tidur, dan berlibur untuk memberikan “ruang” bagi pikiran Anda beristirahat sejenak. Namun, jika semua hal itu tidak berhasil membuat Anda merasa lebih baik, maka diperlukan langkah mengubah perspektif dan cara berpikir. Pasalnya, bisa jadi stres yang Anda alami bukan berasal dari luar, melainkan dari dalam diri sendiri.  Berikut adalah lima cara menghilangkan stres dengan mengubah pola pikir Anda.

  1. Kenali Pikiran Seperti Apa yang Membuat Anda Merasa Stres

Ada beberapa cara berpikir yang dapat membuat seseorang merasa tertekan.

“Saya harus ini...”

“Bagaimana jika saya…”

Saya pasti gagal kali ini.”

Harus dipahami, Anda tidak boleh memikirkan kemungkinan paling buruk, atau menilai secara hitam-putih, mana hal yang benar atau justru salah. Segera hilangkan, apabila Anda memiliki salah satu cara berpikir tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa memotivasi diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang lebih positif, seperti:

Saya bisa melakukan hal ini.”

“Mungkin hasilnya tidak sempurna, tetapi pasti bisa saya perbaiki.”

  1. Belajar Disiplin

Wajar saja, pekerjaan banyak sering kali menjadi penyebab stres. Nah, jika hal ini terjadi, maka satu-satunya cara adalah menyelesaikan pekerjaan itu hingga tuntas. Aturlah diri Anda sedisiplin mungkin. Jangan pernah menunda pekerjaan, sebab hanya akan membuat pekerjaan dan beban pikiran menumpuk. Sedari dini, mulailah disiplin waktu. Untuk membantu, Anda bahkan bisa membuat to-do-list untuk mengatur sekaligus merencanakan aktivitas harian.

  1. Hindari Pikiran Buruk dan Perbanyak Pikiran Positif

Saat berhadapan dengan kesulitan ketika bekerja, mudah bagi Anda untuk berpikir bahwa Anda sesungguhnya tidak mampu melakukan pekerjaan ini. Ada banyak ketakutan yang kemudian muncul. Anda takut mengecewakan atasan, keluarga, klien, maupun rekan kerja.

Ketika hal ini terjadi, tariklah napas dalam-dalam dan cobalah untuk mengubah perspektif Anda. Pikirkan bahwa Anda dapat mengerjakannya. Jangan terjebak pada kesulitan dan kegagalan, yang mungkin telah Anda alami sebelumnya. Teruslah mencoba. Katakan pada diri sendiri: Aku bisa.

  1. Belajar Terbuka pada Teman dan Saudara

Banyak orang yang ingin terlihat kuat di depan orang lain. Tak terkecuali, Anda sendiri. Untuk itu, Anda kerap kali “menahan diri” agar tidak mengungkapkan beban pikiran pada orang lain dan cenderung menyimpannya dalam hati.

Bagi Anda yang pernah mengalami hal ini, ada baiknya untuk belajar terbuka pada orang lain. Hal ini berlaku pada orang-orang terdekat, terutama keluarga dan teman. Bercerita tentang masalah yang sedang Anda hadapi dapat membuat permasalahan menjadi lebih ringan. Kadang kala, mereka bahkan bersedia membantu Anda.

  1. Menghibur Diri sendiri

Terlalu serius dalam segala hal membuat stres mudah mampir dalam hidup Anda. Cobalah menemukan hal-hal lucu di sekitar Anda dan menertawakannya. Bagaimanapun, tertawa mampu membuat pikiran dan tubuh Anda lebih relaks dan santai.

Itulah lima cara menghilangkan stres yang bisa Anda coba. Toh, kuncinya bukan ada di luar, melainkan di dalam diri Anda sendiri. Mulai sekarang, segera ubah pola pikir dan lihatlah dunia dengan perspektif yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *