4 Empat Cara Diet Sehat !

Wujudkan Hidup Lebih Baik dengan 4 Empat Cara Diet Sehat Berikut!

 

Source: asos dot com
Source: asos (dot) com

Kadang kala, kuatnya niat menurunkan berat badan membuat banyak wanita rela tidak makan, meski telah melakukan banyak aktivitas/olahraga berat. Cara semacam ini tentu tidaklah baik. Bukan hanya mengurangi nutrisi, Anda juga akan menyiksa diri sendiri karena kurangnya energi yang dibutuhkan tubuh. Sebenarnya, ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk berdiet. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengubah pola pikir Anda terlebih dahulu agar diet Anda dapat berjalan dengan baik dan optimal. Berikut adalah  empat cara diet sehat dengan mengubah pola pikir Anda.

  1. Perhatikanlah Kebutuhan Tubuh Anda

Keinginan untuk memiliki tubuh ideal, jangan sampai membuat Anda mengabaikan kebutuhan tubuh. Jangan pernah mengabaikan atau menunda waktu makan, jika memang itulah saatnya. Bukan hanya membuat semakin lapar, pada akhirnya menunda waktu makan hanya akan memicu Anda memakan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Makanlah secara wajar, tentu saja dengan porsi yang cukup. Hindari pula hanya makan buah dan sayuran. Sekalipun sehat, makan buah dan sayuran saja tidak akan mencukupi kebutuhan harian tubuh. Akibatnya, tubuh Anda pun menjadi sakit dan tidak sehat. Ingatlah, Anda tidak akan tampil cantik dan menarik jika tubuh Anda tidak sehat.

  1. Lakukan Aktivitas Positif

Makan atau ngemil dengan porsi banyak kerap kali menjadi bentuk pelarian ketika Anda berhadapan dengan tekanan atau stres. Untuk mengatasinya, segera temui keluarga atau teman terdekat, jika Anda mengalami suatu permasalahan. Hindari melakukan aktivitas  impulsif, seperti langsung berbelanja atau memesan makanan. Sebaliknya, Anda bisa pergi bermain bersama teman, liburan, atau melakukan hobi dan kegiatan positif lainnya. Adapun segala aktivitas tersebut akan membuat pikiran Anda lebih relaks, dan tentu saja: mengalihkan perhatian dari makanan.

  1. Perbanyak Informasi tentang Pengetahuan Diet yang Benar

Anda mungkin mengetahui banyak cara untuk melakukan diet. Bisa saja, karena ingin memiliki tubuh ideal dalam waktu yang cepat, Anda kemudian tergiur pada embel-embel “resep menurunkan berat sepuluh kilogram dalam seminggu.” Tidak salah memang. Namun, tentu saja hal ini cukup ekstrem, bukan?

Harus dipahami, hal-hal ekstrem terkadang memiliki efek sampingnya tersendiri. Entah berupa kekurangan nutrisi, tubuh terasa lemas, kurang konsentrasi, dan lain sebagainya. Nah, agar semakin aman, Anda bisa meminta rekomendasi medis, atau justru mencari sumber informasi yang berasal dari dokter, ahli gizi, atau ahli kesehatan.

Menurunkan berat badan adalah proses bertahap. Karenanya, jangan pernah berpikir instan.

  1. Jangan Cepat Puas

Wajar saja bila Anda langsung merasa puas, ketika berhasil menjalani program diet. Kadang kala, hal itu bahkan mengurangi ketakutan Anda untuk kembali mengonsumsi berbagai jenis makanan. Sayangnya, Anda lupa bahwa yang dibutuhkan dalam diet adalah bagaimana mengubah pola makan Anda secara konsisten.

Ingatlah agar tidak mudah puas. Bagaimanapun, konsistensi Anda dalam menjaga pola makan sangat dibutuhkan dalam keberhasilan program diet yang sedang dijalani.

Itulah empat cara diet sehat dengan mengubah pola pikir Anda. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *