CARA MEMAAFKAN DAN KEUNTUNGAN MEMAAFKAN

Memaafka_artikel_herumindset

img resourch : http://annida-online.com

Hampir semua orang pasti pernah mengalami rasa sakit hati karena kata kata atau perlakukan yang dilakukan oleh orang lain, bisa saja rasa sakit itu datang ketika berada di sekolah, tempat kerja dan tempat lainnya.

Rasa sakit hati atau luka batin seperti ini akan sangat cepat hilang dari hati dan juga pikiran namun bisa juga tidak dapat hilang selama berhari hari atau bahkan berbulan bulan dan akhirnya sampai bertahun tahun dan sering kali merusak dan mengaganggu kehidupan, baik itu di pekerjaan, lingkungan social, dan hubungan persaudaraan.

Memaafkan merupakan suatu keputusan untuk melepaskan perasaan sakit hati, niat ingin membalas dendam atau perbuatan yang menyakitkan untuk diri anda dan mulai terfokus dengan segala perbuatan atau sisi yang positif untuk kehidupan anda. memaafkan seseorang bukan berarti dapat melupakan orang yang menyakiti diri anda. namun memaafkan itu merupakan pelepasan segala perasaan yang negative dan kemudian melanjutkan sikap positif anda dan berfokus dengan kegiatan yang baik.

Adapun keuntungan anda jika memaafkan orang yang sudah menyakiti diri anda. keuntungannya adalah sebagai berikut :

  • Kondisi kesehatan yang pastinya akan semakin membaik

Memaafkan pasti akan meningkatkan kondisi kesehatan fisik dan juga mental, hal ini dikarenakan anda dapat menurunkan tekanan darah anda menjadi normal atau stabil. Berdasarkan study dari sejumlah penilitian kesehatan, seseorang yang hidup di selimuti dengan rasa dendam akan memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi dari orang normal, hal ini dikarenakan pembuluh darah akan menyempit karena rasa emosi atau marah dan juga stress dalam waktu jangka panjang.

  • Menurunkan rasa cemas dan juga stress

Seseorang yang berada didalam kondisi belum memaafkan akan sangat mudah stress dan merasa cemas, ketidak mampuan ketika mengatasi keadaan mental karena luka batin atau rasa sakit hati akan menjadikan seseorang lebih cenderung pada hal hal yang negative di kehidupannya.

  • Merasakan kesenangan dan bahagia

Pada saat seseorang sudah mampu untuk memaafkan orang yang membuat hatinya sakit maka semua emosi dan rasa marah (pikiran negative) nya akan hilang dan terlepas dari benaknya. Setelah itu hati dan batinnya sudah menjadi bersih dari segala perasaan negaitf, hal ini lah yang mendatangkan rasa senang dan bahagia.

  • Menurunkan resiko pemakaian narkotika, dan perbuatan lainnya yang merugikan

Sangat banyak sekali orang yang terasikiti dan tidak dapat mengatasinya, dan cenderung akan melakukan segala aktifitas yang dapat merugikan dirinya sendiri. Seperti halnya memakai narkoba, meminum alcohol, dan hal lainnya yang snagat berbahaya. Maka dari itu jika anda dapat memafkan seseorang maka anda akan terhindar dari semua perbuatan buruk yang dapat merugikan diri anda sendiri.

Dan bagaimana caranya untuk memaafkan seseorang yang sudah membuat hati anda sakit ? berikut penjelasannya :

  1. Ketahui dan pahamilah bahwa memaafkan seseorang begitu penting untuk kehidupan pribadi anda, dan untuk memperoleh kehidupan yang jauh lebih baik.
  2. Buatlah suatu persetujuan atau kesepakatan dengan diri anda sendiri bahwa anda akan memaafkan orang yang telah menyinggung hati dan perasaan anda. karena memaafkan merupakan jalan satu satunya yang dapat meneruskan kehidupan anda menjadi lebih baik dan terhindar dari emosi yang sangat mendalam.

Dalam Hal ini juga berkaitan dengan Hukum Karma , percaya atau tidak .

Istilah karma berasal dari ajaran agama Budha dan Hindu. Arti sederhana dari karma adalah segala perbuatan yang dilakukan akan memiliki akibat pada pelaku di masa selanjutnya. Tindakan buruk saat ini akan berakibat keburukan di masa datang. Perilaku baik akan berakibat kebaikan.

Inti nya adalah Bila kita berbuat buruk kepada orang , maka orang lain akan berbuat buruk terhadap kita di waktu mendatang, namun sebalik nya Bila kita berbuat baik terhadap orang lain , saat kita dalam keadaan sulit maka akan datang perantara yang akan menolong kita .

Sebagai contoh yang saya alami ,

Ketika sekitar jam 11 saya sedang berjalan menuju rumah, malam itu saya melihat seorang bapak-bapak sedang mendorong motor nya karena kehabisan bahan bakar dan di tempat tsb Pombensin 24 jam masih sangatlah jauh.

Dengan melihat keadaan bapak tersebut , saya menegur bapak tsb , ” Kenapa Pak Motornya mogok” ? Jawab beliau “habis bensin Dik” .

lalu saya tanyakan rumah bapak memang nya dimana ? di jawabnya intinya searah dengan perjalanan saya tsb

stut motor-Artikel Herumindset

yasudah pak saya bantu , saya stut sampai di gg Rumah beliau (karena memang dlm perjalanan tidak menemui pom) saya tanyakan sebelumnya , apa tidak isi bensin terlebih dahulu pak ? pombensin tidak jauh dari sini . jawab beliau tidak usah dik , rumah saya sudah dekat , terima kasih ya dik .

dari situ saya menyalami bpk tsb ,

Tidak lama kemudian saya memang sedang tugas perjalan jauh , prediksi saya untuk mengisi bahan bakar ternyata salah , bensin saya habis sblm menemui pom terdekat .
dan saya pun mendorong motor tsb sembari mencari mungkin ada bahan bakar eceran pikir saya , ternyata tidak ada .

Lalu ada anak muda sepantaran saya mungkin datang menghampiri saya , saya lihat memang spt nya dia sudah memperhatikan saya dari jauh . lalu anak muda tsb membantu saya untuk mengantarkan saya ke pengisian bahan bakar yang agak lumayan jauh . Saya ucapkan terima kasih . dan saya tawari untuk mengisi juga , namun ia menolak dan pergi .

Dari pengalaman ini saya teringat akan bapak yang saya tolong kemarin-kemarin . saya bersyukur ternyata Tuhan memang maha pengasih . Setiap perubuatan kita pasti ada balasan nya .

Sekian Artikel ini , Maaf bukan nya saya mau mengumbar kebaikan , niat saya hanya memberikan contoh dari yang saya alami .

sekira nya ada kata-kata yang kurang saya minta maaf dan bila positif semoga bermanfaat dan bisa di petik hikmah nya .

Dan dengan berpasan nya waktu Ramadhan Artikel ini dibuat ada baik nya juga kita untuk saling memaafkan baik itu yang di sengaja maupun tidak untuk menuju fitrah kembali suci . Amiin

Salam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *