Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online
img Source: multiplemayhemmamma.com/

Untuk mengisi waktu senggang, sebagian orang memilih untuk mengisi waktu mereka dengan bermain game online. Awalnya, mereka hanya melakukannya di waktu luang, tetapi lambat laun, mereka malah kecanduan dan sebisa mungkin meluangkan waktu untuk bermain game online. Tidak hanya pada hari libur, aktivitas tersebut bahkan sering mereka lakukan di sela-sela waktu bekerja.

Bermain game online secara berlebihan tentu akan menimbulkan dampak buruk, baik secara psikis, maupun fisik. Secara psikis, seseorang yang kecanduan game online cenderung bersifat individualis karena mereka terbiasa menghabiskan waktu dengan dunianya sendiri di dunia maya yang bersifat kompetitif dan seakan-akan lebih menantang, sehingga pertemuan dengan orang lain rasanya membosankan. Mereka terbiasa menghadapi karakter-karakter di game online yang jelas berbeda dengan karakter orang-orang di dunia nyata. Akibatnya, mereka cenderung acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar.

Secara fisik, mereka cenderung kurang bergerak karena harus duduk berjam-jam, bahkan sampai lupa makan, lupa minum, sampai lupa tidur. Akibatnya tubuh mudah lelah, dan saat berada di sekolah, di kampus, atau di tempat kerja, segala hal yang dikerjakan menjadi tidak maksimal.

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang mengalaminya dan ingin segera menghentikannya? Berikut ini beberapa cara mengatasi kecanduan game online:

  1. Uninstall seluruh aplikasi game online di gadget Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak bermain game online lagi. Biasa melakukannya di warnet? Kini saatnya Anda menggunakan anggaran tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna, misalnya Anda tabung atau sumbangkan. Selain itu, katakan juga kepada keluarga dan sahabat bahwa Anda tidak akan bermain game online lagi.
  2. Kedua, carilah klub bakat atau minat yang Anda sukai selama ini, misalnya klub lari, bersepeda, dance, atau skate board yang berada di kota Anda. Mengisi waktu luang dengan hobi serta bertemu orang-orang baru di dunia nyata akan membuat pikiran Anda semakin terbuka.
  3. Prioritaskan yang sedang Anda kerjakan saat ini. Kalau Anda seorang siswa di sekolah atau mahasiswa di kampus, maksimalkan waktu Anda untuk belajar. Gunakan waktu luang berkunjung ke perpustakaan dan berdiskusi dengan teman-teman. Sementara bagi Anda yang sudah bekerja, lakukan yang terbaik pada setiap pekerjaan yang sedang Anda garap.
  4. Gunakan waktu liburan untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang. Liburan di akhir pekan adalah bentuk hadiah atas kerja keras Anda selama seminggu.Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda naik gunung, ke pantai, nonton film, atau makan malam bersama mereka? Inilah saatnya Anda menyegarkan diri sekaligus kembali mendekatkan diri pada orang-orang tersayang, keluarga, maupun teman-teman.
  5. Setelah Anda benar-benar berhenti bermain game online, berkomitmenlah untuk tidak melakukan aktivitas itu lagi dan menggantinya dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas diri serta peningkatan kualitas hubungan dengan orang-orang sekitar.

 

Demikian cara mengatasi kecanduan game online. Waktu Anda terlalu berharga kalau hanya dihabiskan di dunia maya. Lakukan hal-hal yang selama ini belum tercapai. Kejar cita-cita Anda sekarang juga.

One thought on “Cara Mengatasi Kecanduan Game Online”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *