3 tiga Cara menghilangkan Lapar

Benarkah Rasa Lapar Hanya Ada di Pikiran? Berikut Tiga Cara Menghilangkannya!

Mengatasi rasa Lapar
source:weheartit.com

 

Benarkah Rasa Lapar Hanya Ada di Pikiran? Berikut Tiga Cara Menghilangkannya!

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya sehat, namun juga mampu “menunjang” penampilan. Sayangnya, tak sedikit orang yang kesulitan menurunkan berat badan meski sudah melakukan beragam cara, bahkan mengonsumsi obat pelangsing tubuh.

Bisa jadi, masalahnya ada pada ketidakmampuan Anda menahan nafsu makan. Rasa lapar yang menjadi, apalagi ketika berhadapan dengan makanan tertentu dapat menjadi penghalang besar. Adapun bila (sengaja) dihentikan atau ditahan, banyak orang justru merasa sangat “menderita”.

Beberapa ahli mengungkap, kegemukan sebenarnya adalah masalah psikologis. Di sini, dikenal adanya istilah emotional eating. Nah, emotional eating sendiri merujuk pada “dorongan” atau rasa lapar yang begitu besar lantaran masalah emosi yang belum terselesaikan. Makan secara berlebihan/impulsif selanjutnya dijadikan “pelampiasan” atau justru pelarian atas kecemasan, kekhawatiran, ketakutan, kemarahan, stres, dan banyak emosi negatif lainnya.

Apa pun jenisnya, dapat disimpulkan bahwa emotional eating pada dasarnya bersumber pada pikiran Anda. Sifatnya tak disengaja, dan terjadi di alam bawah sadar. Itulah sebabnya, dalam kasus ini bukan hanya niat yang dibutuhkan, melainkan juga kemampuan untuk “menjangkau pikiran bawah sadar”, dan membereskan seluruh dorongan untuk makan lebih banyak. Berikut adalah tiga cara menghilangkan rasa lapar.

  1. Kenali Penyebab Stres

Kenali penyebab stres atau perasaan tertekan yang kerap Anda rasakan. Entah itu deadline pekerjaan yang tak kunjung selesai, rekan kerja yang menyebalkan, atau justru rasa minder karena kegemukan. Faktanya, kegemukan serupa lingkaran setan. Anda makan banyak lantaran merasa stres (karena gemuk), dan Anda gemuk sebab makan terlalu banyak. Pada satu sisi ada keinginan kuat untuk menurunkan berat badan, sementara di sisi lain: Anda sadar bahwa Anda tidak mampu mengendalikan nafsu makan.

  1. “Membohongi” Pikiran Anda

Lakukan beberapa aktivitas yang mampu mengalihkan pikiran Anda dari rasa lapar. Bisa dengan mengunyah permen karet, menyikat gigi dengan pasta gigi rasa mint, minum segelas air es ketika lapar, atau meminum secangkir kopi. Gerakan mengunyah sendiri mampu “mengelabui” jalur saraf yagn menghubungkan rahang dengan otak. Ini mengakibatkan otak percaya, bahwa Anda sudah makan lebih dari yang seharusnya.

Nah, bukan hanya itu saja. Anda bahkan bisa mengalihkan perhatian Anda, seperti berolahraga, bersih-bersih, menonton film, membaca buku, atau mengobrol dengan teman. Adapun aktivitas fisik amat disarankan sebab mencegah Anda berpikir terlalu banyak.

  1. Mengatur Pola Makan

Aturlah pola makan harian Anda. Misalnya, dengan makan setiap tiga atau empat jam sekali—tentu saja dengan porsi yang sedikit. Adapun disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan yang mengandung kadar tinggi serat, protein, dan karbohidrat kompleks.

Itulah tiga cara menghilangkan rasa lapar yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda juga bisa mengimbangi ketiganya dengan tidur maupun istirahat yang cukup dan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *