5 Lima Cara Mengatasi Kecanduan Rokok

Inilah Lima Cara Mengatasi Kecanduan Rokok
source : pratamabk2012.wordpress.com

Inilah Lima Cara Mengatasi Kecanduan Rokok

Rokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan manusia. Karenanya, sangat bagus jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Sayangnya berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda tergolong sudah kecanduan. Sesungguhnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok, namun sebelum memutuskan untuk meminta bantuan medis, ada baiknya untuk mengupayakan penanganannya secara alami. Berikut adalah lima cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan rokok tanpa bantuan medis.

  1. Membulatkan Tekad

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Pertama-tama, ingatlah akan betapa pentingnya kesehatan Anda. Jangan lupakan pula kesehatan orang-orang di sekitar Anda. Apakah Anda ingin keluarga menhirup asap rokok dan menjadi perokok pasif setiap harinya? Jika tidak, berhentilah.

Bukan hanya soal kesehatan, pertimbangkan pula berapa besar biaya yang Anda butuhkan per harinya untuk merokok. Toh, bukankah akan  jauh lebih baik jika uang tersebut ditabung demi masa depan Anda bersama keluarga?

  1. Buatlah Rencana di Masa Depan

Setelah membulatkan tekad, yang perlu Anda lakukan adalah menentukan hari/tanggal kapan Anda akan mulai berhenti merokok. Persiapkanlah diri Anda dengan sebaik mungkin. Jika perlu, sedini mungkin, segera simpan rokok dan asbak yang ada di rumah.

Kenalilah beragam pemicu yang dapat membuat Anda ingin merokok. Setelah itu, buatlah rencana untuk mengatasinya.

  1. Beri Tahukan Rencana pada Teman dan Orang Terdekat Anda

Sering kali, perokok cenderung mencoba “berhenti” sendiri tanpa memberitahukannya kepada orang lain. Cara ini tentu tidaklah salah. Hanya saja, potensi kegagalannya kadang kala jauh lebih besar.

Bagaimanapun, Anda harus memberitahu keluarga dan teman terdekat jika ingin berusaha berhenti merokok. Tujuannya agar mereka membantu mengawasi dan mengingatkan ketika Anda mulai tergoda untuk kembali merokok. Selain itu, teman-teman perokok juga akan berhenti merokok di depan Anda.

  1. Mencari Kesibukan

Kadang kala, aktivitas merokok dijadikan pelarian ketika stres melanda, atau saat Anda berada dalam tekanan berat. Cara mengatasinya, Anda bisa melakukan aktivitas positif lainnya (di luar pekerjaan). Adapun tujuannya adalah untuk “menjaga” Anda tetap aktif dan relaks, sehingga tidak perlu lagi memikirkan rokok. Nah, aktivitas ini bahkan bisa dilakukan bersama teman/kerabat yang bukan perokok.

  1. Menciptakan Reward (Hadiah)

Berhenti dari kebiasaan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun memang tidak mudah. Apalagi jika itu terkait dengan aktivitas mengisap rokok. Bagi mereka yang sudah kecanduan, hal ini amat sulit dilakukan, terutama jika Anda tidak punya motivasi.

Sebagai penyemangat, perlakukanlah diri Anda dengan istimewa. Ciptakan sistem hadiah ketika Anda mampu tidak merokok dalam jangka waktu tertentu. Bentuk hadiah sendiri bisa beragam, tergantung pada keinginan Anda.

Itulah lima cara mengatasi kecanduan rokok yang bisa Anda praktikkan. Setelah Anda berhasil, jangan lupa untuk mempertahankannya. Mintalah dukungan dari keluarga dan teman-teman. Ingat pula seluruh niat baik Anda ketika ingin berhenti merokok. Tubuh sehat, pikiran segar, serta produktivitas yang tinggi akan Anda dapatkan ketika Anda berhasil berhenti merokok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *