Konsultan Psikologi Bukan Hanya Untuk ‘Orang Stres’, Kenali Kapan dan Mengapa Anda Memerlukannya

Sebagai makhluk berjiwa yang berinteraksi satu sama lain, manusia senantiasa mengalami berbagai hal yang dapat memengaruhi kondisi psikologis atau kejiwaannya. Cara seseorang dalam menerima dan menghadapi berbagai permasalahan akan membawanya kepada kondisi yang lebih baik atau justru lebih buruk. Untuk itulah, ada kalanya seseorang memerlukan layanan seorang konsultan psikologi.

Keadaan psikologis seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor-faktor internal yang dapat memengaruhi sisi psikologis manusia di antaranya ras, gen, kematangan jiwa, hormon, dan sebagainya. Adapun, di antara faktor-faktor eksternal misalnya keturunan, keluarga, serta lingkungan yang lebih luas, tempat seseorang biasa berinteraksi.

Kombinasi berbagai faktor di ataslah yang akan membentuk seseorang untuk menjadi orang yang bermasalah atau tidak. Seseorang dengan lingkungan yang buruk belum tentu akan menjadi pribadi yang bermasalah, jika ternyata dirinya mampu menangani hal tersebut dengan baik.  Baik dengan cara memperkuat faktor-faktor internal maupun eksternal yang lain.

Sebaliknya, seseorang yang tumbuh dari keluarga bahagia serta lingkungan yang baik pun bisa mengalami masalah psikologis lantaran hal-hal kecil yang luput dari perhatian banyak orang.

Konsultan Psikologi Bukan Hanya untuk Mereka yang Memiliki Masalah Psikologis

Orang-orang yang merasa memiliki permasalahan psikologis sudah tentu memerlukan bantuan seorang konsultan psikologi. Melalui konsultasi tersebut, seorang konsultan akan menelaah dan menganalisis kondisi psikologis klien dari berbagai aspek. Selanjutnya, dari simpulan sang konsultan, klien dapat diarahkan untuk melakukan terapi-terapi khusus ataupun melaksanakan saran-saran dari sang psikolog.

Gangguan psikologis pada seseorang dapat ditandai oleh berbagai gejala. Di antaranya, kemunculan rasa stres, depresi, kecanduan, perasaan yang mengganjal, takut berbicara dengan orang lain, takut ditolak, insomnia, tidak percaya diri, dendam ataupun rasa bersalah yang tidak kunjung hilang, dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, bukan berarti layanan konsultan psikologi hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki permasalahan psikologis. Konsultasi ini juga bisa dilakukan untuk seseorang yang sehat. Mereka bermaksud mengusahakan langkah-langkah positif, maupun mengambil keputusan-keputusan penting, yang disesuaikan dengan kondisi psikologisnya maupun orang-orang di sekitarnya.

Kapan dan Mengapa Anda Memerlukan Konsultan Psikologi?

Bagi Anda yang memiliki permasalahan psikologis, konsultan psikologi akan membantu Anda memahami permasalahan Anda dengan lebih baik dan menemukan jalan agar Anda terlepas dari masalah tersebut.

Adapun, bagi Anda dengan kesehatan psikologis yang baik, konsultan psikologi bisa saja Anda perlukan. Konsultan akan mengarahkan Anda untuk mengambil langkah maupun keputusan yang tepat dan jernih. Anda akan memerlukan suatu konsultan psikologi, di antaranya, ketika:

  • akan memilih sekolah dan profesi yang tepat,
  • hendak memperkerjakan karyawan,
  • memasuki usia remaja,
  • ingin lebih memahami lingkungan,
  • mengalami kesulitan bergaul,
  • terlalu banyak melakukan tindakan narsisisme (misalnya foto selfie),
  • memerlukan kontrol emosi yang lebih baik.

Jadi, Anda memerlukan konsultan psikologi? Percayakan masalah Anda kepada Palm 88 Mindset. Kami percaya bahwa setiap orang adalah hebat, dan kami akan membantu Anda mengenali potensi terbaik Anda. Palm 88 Mindset berupaya membantu Anda untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik.

One thought on “Konsultan Psikologi Bukan Hanya Untuk ‘Orang Stres’, Kenali Kapan dan Mengapa Anda Memerlukannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *