MENGATASI DEPRESI PADA ANAK

Depresi-Pada-Anak-Artikel-Herumindset

Img Source:
http://www.idaijogja.or.id

Depresi merupakan suatu kondisi dimana seseorang di selimuti dengan suasana yang sangat buruk, maka dari itu dapat membuat dirinya menjadi letih dan kurang semangat. Jika depresi di abaikan terus menerus yang akan terjadi ialah terganggunya aktifitas atau kegiatan sosial di kesehariannya.

Pada umumnya depresi dapat terjadi pada orang dewasa, namun untuk saat ini depresi juga bisa terjadi pada anak anak karena berbagai macam faktor. Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan sejumlah cara yang bisa anda lakukan untuk menangani depresi yang terjadi pada anak.

Memberikan perhatian lebih dan kasih sayang pada anak

 

Salah satu faktor atau penyebab depresi bisa terjadi pada anak ialah karena kurangnya perhatian dan juga kasing sayang.
Hal ini dapat terjadi karena umum nya anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat memerlukan perhatian dan kasih sayang dari orang – orang terdekatnya terutama orang tua.

Untuk memberikan perhatian lebih dan kasih sayang untuk anak tidak hanya dari perkataan semata, namun juga harus dari perbuatan. Perhatian dan kasih sayang dengan perbuatan dapat anda lakukan dengan cara bermain bersama anak, liburan bersama anak, atau bahkan mengajak anak bermain. Dengan demikian, anak akan merasa senang.

Berikanlah pujian untuk anak

Anak yang sedang mengalami depresi, umum nya pasti kurang semangat. Maka dari itu anda dapat meningkatkan atau mengembalikan semangat sang anak lagi dengan sejumlah cara yang membuat hatinya senang dan puas. Sebagai contoh untuk meningkatkan dan mengembalikan semangat pada anak, anda dapat memberikannya pujian pujian untuk dirinya. Dengan begitu, anak akan semangat untuk menggapai hasil yang lebih bagus.

Memberikan kegiatan yang segar atau fresh untuk anak

 

Depresi-Pada-Anak-Artikel-Herumindset02

Img Source: http://depresi.net

Depresi yang terjadi pada anak juga bisa disebabkan Karena aktifitas dikesehariannya. Bila anda memberikan kegiatan yang sama di setiap harinya untuk anak maka dapat membuat anak merasa jenuh dan akan mengakibatkan depresi. Maka dari itu sangat penting untuk anda memberikan kegiatan yang fresh. Hal ini bertujuan agar pikiran sang anak menjadi lebih fresh dan tidak mengalami depresi.

Didiklah anak agar menjadi lebih percaya diri

Depresi yang dapat terjadi pada anak juga bisa disebabkan karena kurangnya kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan, maka dari itu sangat penting untuk anda mendidik anak agar mempunyai sifat PD atau percaya diri. Sangat banyak sekali terjadi pada anak yang kurang kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini disebabkan karena anak merasa minder dan malu akan dirinya sendiri.

Dengan mendatangkan sifat PD atau percaya diri untuk anak pastinya akan membuat anak menjadi lebih berani dan tidak akan mengalami depresi.

Jadilah teman untuk anak anda

Menjadi teman untuk anak, juga dapat anda lakukan bila penyebab depresi pada anak ialah lingkungan sekitar. maka dari itu anda dapat menjadi teman untuk anak anda dan cobalah untuk berkomunikasi dan berinteraksi pada anak sebagaimana menjadi seorang sahabat. Dengarakan lah segala keluh dan kesahnya serta berikan ia sejumlah cara untuk mengatasi semua permasalahannya.

 

Oh ya satu lagi Pada saat saya mengepost artikel ini kebetulan moment bulan puasa , dan pada hari lebaran mendatang , nah ! karena sudah menjadi tradisi menuju fitrah dengan mempunyai baju baru dll , untuk menyenangkan hati anak maka tidak ada salah nya kalau kita memberikan surprise hadiah baju baru yang di senangi anak kita , atau bisa juga dengan mengajak nya untu memilih pakaian kesuakaan nya , untuk menanggulangi budget karena permintaan pasar lebih banyak dari pada hari biasaya, maka harga pasar pun meninggkat pula. maka kita harus mencari beli barang di tempat yang tidak terlalu mahal namun kualitas bahan yang baik pula . teliti sebelum membeli . yah pintar-pintar kita saja sih .

mohon maaf untuk yang beragama non muslim , kalau saya membahas ini , namun tidak ada salah nya untuk sebagian yang beraga muslim untuk saya hanya mengingatkan saja .

Bila ada salah ketik atau bahasa yang kurang berkenan saya minta maaf yang sebesar-besarnya

Itulah beberapa Tips untuk mengatasi Depresi pada Anak , semoga artikel saya ini bermanfaat .

Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *