Mengatasi rasa Takut melahirkan

Buang Rasa Takut Melahirkan dengan Tips-Tips Berikut Ini

mengatasi takut saat melahirkan
img source: babycenter.com

Wanita merupakan makhluk yang istimewa. Dari seorang wanitalah sebuah kehidupan baru tercipta melalui proses kelahiran. Namun, masih banyak para calon ibu yang merasa takut dan cemas saat akan melahirkan sang calon buah hati. Takut akan rasa sakit yang tidak tertahankan, akan masalah yang kemungkinan muncul saat melahirkan, hingga takut jika tidak sanggup bertahan hidup pun turut menghantui pikiran. Bagi Anda para ibu hamil yang tengah bersiap menyambut kelahiran sang buah hati, simak beberapa tips berikut ini untuk mengatasi rasa takut saat melahirkan.

  1. Mengikuti Kelas Kehamilan

Berkumpul dengan para ibu hamil dalam wadah atau kegiatan yang sama akan membantu Anda memperoleh beragam wawasan mengenai seluk-beluk kehamilan. Kegiatan seperti kelas kehamilan mungkin dapat menjadi wadah tepat bagi Anda untuk menggali pengetahuan mengenai persiapan melahirkan, hingga merawat bayi yang baru lahir. Kelas ibu hamil juga akan membantu Anda mengatasi rasa takut dan cemas saat melahirkan serta melatih tubuh agar siap menghadapi proses kelahiran.

  1. Perbanyak Latihan Relaksasi

Saat sedang hamil, tubuh ibu mungkin akan mudah lelah. Belum lagi suasana hati dan pikiran yang mudah berubah-ubah akibat aktivitas hormon. Untuk itu, para ibu hamil dianjurkan untuk lebih sering melatih pernapasan, meditasi, serta memperbanyak latihan ringan yang dapat melenturkan otot. Latihan pernapasan serta meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan ibu menjelang melahirkan.

  1. Membayangkan Hal-hal yang Menyenangkan

Pikiran-pikiran negatif yang muncul selama proses melahirkan memang tidak dapat dihindari. Namun, Anda dapat mengatasinya dengan mengalihkan pikiran pada hal-hal yang membuat Anda bahagia. Cobalah bayangkan tempat-tempat indah, kenangan indah Anda bersama orang-orang terkasih, atau membaca doa-doa khusus ketika Anda mulai kewalahan saat melahirkan. Bila perlu, Anda dapat meminta bantuan seorang terapis untuk mendampingi selama proses persalinan.

  1. Jangan Terlalu Larut pada Cerita Orang Lain

Teman-teman atau kerabat Anda mungkin banyak bercerita tentang bagaimana sulitnya melahirkan. Fakta tersebut tentunya sudah Anda ketahui. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu lagi terlalu serius dalam menanggapi cerita-cerita tersebut. Sebaliknya, Anda hanya perlu menanyakan pada teman-teman atau keluarga yang sudah berpengalaman dalam melahirkan tentang bagaimana cara mempercepat proses persalinan, atau mengatasi rasa takut menjelang melahirkan. Dengarkan cerita yang positif saja dan abaikan cerita yang negatif.

  1. Bayangkan Betapa Lucu dan Cantiknya Buah Hati Anda Nanti

Siapa yang tidak luluh ketika melihat seorang bayi mungil yang lucu, apalagi jika bayi tersebut dilahirkan langsung dari rahim Anda? Saat Anda merasa lelah saat persalinan, cobalah bayangkan buah hati Anda yang sebentar lagi hadir di pelukan Anda. Ingatlah masa-masa indah selama kehamilan yang Anda lalui bersama sang suami. Bayangan akan hal-hal tersebut dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari rasa lelah saat melahirkan.

Rasa lelah yang Anda alami selama melahirkan akan segera terbayarkan dengan kehadiran si buah hati yang akan membuat hidup Anda dan pasangan semakin bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *