5 Cara Menjadi Lebih “Hidup” dengan Menemukan Passion

Menjadi Lebih “Hidup” dengan Menemukan Passion
source:  files(dot)wordpress(dot)com

“Everybody dies, but not everybody lives.”

Kita mengenal passion (renjana) sebagai “roda” penggerak kehidupan. Tak peduli betapa sulitnya hal yang harus dihadapi, passion seolah menjadi kunci bagi Anda untuk menikmati prosesnya dengan mudah, senang, dan tanpa beban. Dengan kata lain, passion menjadikan Anda lebih bersemangat, antusias, dan “lebih hidup”.

Apa itu passion? Banyak orang bilang: passion adalah dorongan hati yang begitu kuat, pada satu (atau beberapa) hal. Meski tak sama, sering kali, passion dikaitkan dengan hobi atau aktivitas yang sungguh kita senangi. Kehadiran passion sendiri “memberi ruang” bagi setiap orang untuk menjadi lakon utama setiap panggung kehidupan, dan bukan sekadar bayang-bayang.

Menemukan sesuatu yang menjadi passion sesungguhnya “gampang-gampang susah.” Bagi sebagian orang, prosesnya bisa jadi cepat—atau justru lambat. Menemukan passion sendiri penting. Sebab bagaimanapun, passion-lah yang menentukan jati diri, arah hidup, juga kebahagiaan Anda. Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah lima langkah menemukan passion.

  1. Jujurlah pada Diri Sendiri

Jujurlah pada diri Anda sendiri: hingga kini, apa hal yang sudah membuat hidup Anda terasa utuh, membuat Anda begitu bersemangat, penasaran, dan tak pernah merasa ragu, letih, atau justru bosan?

Kehadiran passion dapat meminjam banyak wajah. Bisa jadi, itu adalah satu hobi yang Anda senangi, sesuatu yang menarik hati—atau justru sudah menjadi “bakat” sejak dini. Lebih penting lagi, passion adalah sesuatu yang berasal dari dorongan hati Anda. Bukan paksaan/hal yang diinginkan orang tua atau orang terdekat Anda, apalagi atas dasar “kenyamanan dan kemapanan”.

Nah, jika masih merasa ragu, ada baiknya untuk kembali membayangkan: pencapaian apa yang ingin Anda ceritakan pada orang banyak, 10 hingga 30 tahun mendatang? Pada masa itu, Anda ingin dikenal sebagai apa?

  1. Mencoba Beragam Hal

Mencoba banyak hal tak selalu sama dengan “buang-buang waktu”. Adapun menemukan passion bukan soal menggali “ke dalam”, melainkan juga “ke luar”. Mulailah mengenali dan mempelajari sesuatu di luar diri Anda. Kembangkan aktivitas, keahlian baru, pengalaman, dan wawasan Anda sebanyak mungkin. Lakukan segera. Toh, tak ada yang benar-benar tahu sebelum mencobanya, bukan?

  1. Jadilah Produktif

Sesuatu hal baru layak disebut passion apabila itu menghasilkan. Tolok ukurnya, tak melulu harus dengan uang, melainkan dengan “apa yang sudah Anda buat”. Bagaimanapun, passion membutuhkan inovasi. Carilah hal unik yang membuat Anda berbeda dari orang lain (meski memiliki passion di bidang yang sama).

  1. Jangan Batasi Diri

Biarkan passion berkembang seiring dengan kebebasan yang Anda berikan pada diri sendiri. Apa pun yang terjadi, jangan biarkan aturan, larangan tentang hal yang boleh/tidak, bahkan keinginan orang terdekat meredupkan passion Anda.

  1. Teruslah Berjalan

Ada kalanya, Anda berada di titik terendah. Pada saat itu, Anda mungkin menjadi ragu dan bertanya-tanya: inikah passion saya sesungguhnya? Mengapa saya bisa gagal?

Harus diingat, mengubah passion menjadi sebuah keberhasilan bukanlah proses yang instan. Akan ada banyak kegagalan yang Anda temui. Kuncinya, teruslah berjalan, teruslah berjalan. Jangan pernah berhenti hanya karena ada sedikit hambatan yang menghalangi.

 

Itulah lima langkah menemukan passion. Sedari dini, tingkatkan semangat, produktivitas, dan gairah dalam hidup dengan terus melakukan apa yang Anda cintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *