Susah Tidur? Inilah 7 Tujuh Cara Mengatasi Insomnia!

Merasa Sering Susah Tidur? Inilah Tujuh Cara Mengatasi Insomnia!

 

Tujuh Cara Mengatasi Insomnia!
Source:
sotau.com

Apa Anda mengalami kesulitan untuk tidur? Apakah Anda sering terbangun pada malam hari?

Jika jawabannya “ya”, itu artinya Anda sedang menderita insomnia. Meski terlihat remeh, sesungguhnya insomnia adalah permasalahan yang cukup serius, sebab dapat mengganggu kesehatan tubuh, pikiran, fokus, serta produktivitas Anda. Berikut adalah tujuh cara mengatasi insomnia atau susah tidur yang bisa Anda praktikkan.

  1. Hindari Cahaya Saat Tidur

Mematikan lampu kamar adalah cara paling mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan. Pasalnya, cahaya gelap atau kondisi redup akan membantu Anda untuk lebih cepat tertidur. Bagi Anda yang tidak menyukai gelap, dapat diganti dengan menggunakan lampu tidur yang redup, sehingga cahaya tidak terlalu gelap maupun terang.

  1. Perbanyak Aktivitas di Siang Hari

Banyaknya aktivitas di siang hari, akan membuat tubuh Anda lelah dan butuh istirahat. Akibatnya, dengan sendirinya Anda akan mulai merasa ngantuk sehingga dapat tidur dengan cepat.

  1. Kurangi Konsumsi Kafeina

Kandungan kafeina pada makanan atau minuman akan membuat Anda menjadi kuat terhadap rasa kantuk. Jika Anda mengalami insomnia, cobalah untuk berhenti mengonsumsi kafeina. Sebagai gantinya, Anda bisa memperbanyak minum air putih dan susu sebelum tidur.

Susu yang hangat akan membuat perut dan tubuh merasa nyaman. Dengan begitu, Anda tidak lagi akan merasa kesulitan untuk tertidur.

  1. Olahraga

Olahraga adalah sebuah aktivitas yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Dengan melakukan olahraga yang rutin, semua otot dan persendian yang tegang karena bekerja akan mengendur dan lebih relaks. Manfaat itulah yang akan membantu Anda untuk lebih cepat tertidur karena tidak lagi terganggu dengan rasa pegal dan nyeri.

  1. Menciptakan Kondisi Kamar Senyaman Mungkin

Rapikan dan buatlah kamar Anda jadi senyaman mungkin. Bagi penderita insomnia kronis, mungkin lebih baik membuat kamar menjadi satu fungsi saja, yaitu untuk tidur. Jangan gunakan kamar untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain karena dapat mengganggu fokus Anda ketika mencoba tidur.

  1. Biasakan untuk Tidur Malam

Insomnia biasa terjadi pada orang-orang yang tidak memiliki pola tidur yang baik, terutama bagi mereka yang terbiasa bergadang. Meskipun memiliki alasan kuat untuk bergadang, harus diingat bahwa bagaimanapun tubuh sangat memerlukan tidur dan istirahat yang cukup. Untuk itu, aturlah jam kerja Anda sebaik mungkin agar tidak mengganggu jam tidur di malam hari.

  1. Jangan Terobsesi untuk Tidur

Jangan terlalu memusatkan pikiran Anda untuk cepat tidur. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa orang yang terlalu ingin tidur justru mengalami kesulitan tidur. Untuk itu, jika ingin tidur Anda hanya perlu memejamkan mata, lalu kosongkanlah pikiran. Percayalah, dengan begitu secara perlahan Anda akan tertidur dengan sendirinya.

Ketujuh cara mengatasi insomnia atau susah tidur di atas tentu sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Hindari penggunaan pil tidur karena hanya akan membuat Anda menjadi ketergantungan. Gunakan pil tidur hanya dalam kondisi yang mendesak, dengan catatan: harus dengan resep dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *