WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

Gejala Binge Eating, Penyebab dan Solusinya

Hipnoterapi Kesehatan Herumindset Palm 88

Gejalan Binge Eating

Ternyata tidak banyak yang mengetahui gejala Binge Eating sebagai salah satu gangguan makan. bahkan mungkin juga tidak tahu kalau ada gangguan makan bernama itu. Sebagian lagi menganggap bahwa binge eating sebagai salah satu gejala obesitas, padahal hal itu bukan sesuatu yang sama. Binge Eating adalah gangguan makan dimana seseorang sulit untuk mengendalikan makannya, sehingga ia mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar.

Seperti dilansir dalam halaman Hellosehat.com, gangguan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1959 pada penderita obesitas. Berdasarkan data riset didapatkan bahwa penderita binge eating lebih banyak dibandingkan dengan penderita anoreksia ataupun bulimia. Persentasenya mencapai 2% pada pria dan 3,5% pada wanita dewasa.

Ancaman Binge Eating

Orang yang memiliki gejala binge eating cenderung menjadi obesitas karena sulit untuk mengontrol porsi makannya. Namun dampak muncul lebih dari sekedar obesitas, yakni depresi, rasa cemas berlebihan, insomnia dan bahkan keinginan untuk bunuh diri. Selain menyebabkan masalah mental itu, binge eating juga umumnya akan menyebabkan masalah sosial.

Hipnoterapi Kesehatan Herumindset Palm 88

Gejalan Binge Eating

Tanda-tanda Mengidap Binge Eating

Orang yang senang makan dalam porsi banyak tidak bisa diindikasikan sebagai gejala binge eating, karena tanda-tandanya lebih banyak dari itu. Anda bisa melihat pada emosi maupun perilaku mereka, seperti yang dilansir dalam halaman Hellosehat.com berikut :

• Penderita selalu merasa tertekan dan menganggap hanya dengan makan bisa membuatnya merasa lebih tenang

• Merasa putus asa untuk mengatur pola makan dan mengendalikan berat badan

• Merasa malu karena makan dengan porsi yang sangat besar

• Tidak pernah puas meski sudah makan sangat banyak

Sedangkan untuk aspek perilaku, gejala binge eating terlihat dari mereka yang senang bersembunyi untuk bisa leluasa makan banyak, sulit berhenti ketika sudah terlanjur makan, porsi besar dilahap dengan cepat, meski sudah merasa kenyang mereka tetap terus melanjutkan makannya dan makan dengan intensitas yang sangat sering setiap harinya. Hal ini tidak mudah diamati, karena penderita biasanya terlihat makan dengan normal ketika di depan orang lain.

Penyebab Binge Eating

Meskipun sudah lama gejala binge eating diteliti, tapi ternyata belum ditemukan sebab pasti dari gangguan makan ini. para ahli hanya menemukan terdapat beberapa hal yang memicu gangguan makan, termasuk salah satunya memicu binge eating. Pertama adalah faktor genetik, dimana para ilmuan menemukan bahwa orang yang di dalam keluarganya ada pengidap gangguan makan, maka ia lebih mungkin untuk mengalami gangguan yang sama.

Faktor kedua yang memicu binge eating adalah ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Seperti misalnya pada wanita yakni hormon ovarium, yang membuat mereka lebih emosional untuk makan. Ketiga, binge eating juga dipicu oleh ketidakpuasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya sendiri, yang akhirnya mendorong untuk terus makan. Apalagi jika tertekan dengan stigma lingkungan tentang berat badan, emosinya akan semakin parah.

Penanganan Binge Eating

Karena munculnya gejala binge eating dipicu juga oleh faktor psikologis, maka salah satu penyelesaian yang juga bisa digunakan adalah treatmen psikologis. Sebagian dokter mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat, tapi tentunya ada efek samping yang harus diterima oleh penderita. Sedangkan treatmen psikologis digunakan untuk mengatasi persepsi yang keliru tentang makan sekaligus membantu menyelesaikan kecemasan berlebihan penderita.

Tak perlu bingung, karena kami https://herumindset.com/ bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah psikologis pada penderita Binge eating. Anda hanya perlu menghubungi kami di https://herumindset.com/contact/ untuk informasi dan layanan lebih lanjut. Segera tangani gejala binge eating, karena penyembuhan akan lebih sulit jika semakin lama dibiarkan.

MCW902



Hubungi Kami

Layanan Berkualitas Yang Anda Terima Akan Kami kemas ke dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, Ditambah Konsultasi Psikologi, Yang Pada Akhirnya Menjadi All in One Solution   Hipnoterapi Jakarta  Yang berkualitas, yang akan membuat anda Tidak Perlu kemana-mana lagi.

Butuh Info Lebih Detail?