WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Sebelum mulai chat, isi Nama dan Email !
Hai, apa yang bisa kami bantu?

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Panik

Secara umum, hipnoterapi masuk kategori pengobatan alternatif. Istilah ini merujuk pada praktik pengobatan yang tak memakai prosedur medis.

Selain hipnoterapi, yang juga masuk golongan ini seperti akupuntur dan aromaterapi.

Pada praktiknya, pengobatan alternatif melibatkan area pikiran dan tubuh. Khusus hipnoterapi, pemanfaatannya diperuntukkan area pikiran atau mental.

Hipnoterapi kini makin populer berkat manfaatnya yang seperti tak terbatas. Beragam gangguan mental bisa disembuhkan, termasuk kecemasan dan perilaku menyimpang. Yang paling umum, hipnoterapi kini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi rasa panik.

Hipnoterapi merupakan teknik untuk membantu pasien masuk ke area pikiran alam bawah sadar. Saat dalam keadaan dihipnotis, pasien akan mengalami rileksasi hebat, sangat fokus, dan terbuka untuk menerima semua masukan.

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Panik

Sumber: positivethinkinghypnotherapy.co.uk

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Panik

Kenapa harus hipnoterapi?

Karena fungsinya yang sedemikian luar biasa, hipnoterapi banyak dimanfaatkan untuk mengobati beragam isu kesehatan mental seperti stress, cemas, ketergantungan, berat badan, murung, kebiasaan merokok, dan tentu saja panik.

Saat sesi hipnoterapi berjalan, hipnoterapis akan membantu pasien menuju alam bawah sadar. Begitu pasien sudah merasa tenang, hipnoterapis akan fokus untuk merubah suatu perilaku yang ingin diubah.

Sesaat setelah memberi sugesti dengan perilaku yang lebih positif, hipnoterapis akan memandu pasien kembali ke posisi sadar.

Tepat sebelum sesi berakhir, hipnoterapis akan coba mengajak pasien untuk mengobrol singkat untuk melihat efek dari hipnoterapi yang diberi. Konten pembicaraan termasuk pengalaman saat berada di alam bawah sadar, reaksi, dan apa merasa sesuatu yang beda.

Sesi hipnoterapi kadang berbeda untuk tiap pasien, tapi umumnya berdurasi 1-1,5 jam.

Bagaimana hipnoterapi mengatasi panik dan cemas?

Berbagai riset menunjukkan kalau hipnoterapi bisa mengobati stress, takut, cemas, dan panik. Untuk menghilangkan penyakit mental seperti ini, pikiran akan dibawa masuk ke alam bawah sadar lalu hipnoterapis mulai memodifikasi perilaku yang ingin diubah.

Saat hipnotis sudah diberi dan pasien sudah dalam posisi rileks, hipnoterapis mungkin akan meminta pasien untuk fokus pada apa yang membuat rasa panik muncul.

Dari sini, hipnoterapis akan memberi kata-kata sugesti untuk menghilangkan penyebab panik.

Misalnya dengan mengatakan ‘Anda akan tetap tenang meski sedang tak nyaman’, atau ‘Tarik nafas sedalam mungkin saat panik datang’.

Begitu sugesti ini dimasukkan, maka akan tertanam di bagian alam bawah sadar. Sehingga suatu pasien mengalami panik, maka pikiran alam sadar akan mengingat ini lalu membuat panik hilang.

Poin utamanya adalah, hipnoterapi tak cuma mengatasi panik, tapi juga hal lain terkait panik. Misalnya kepercayaan diri, pikiran negatif, dan kondisi lain yang muncul saat panik menyerang.

Pengobatan dengan hipnoterapi

Hipnoterapi umumnya dilakukan oleh hipnoterapis bersertifikat, atau praktisi kesehatan mental yang sudah mendapat pelatihan.

Secara umum, pengalaman hipnoterapi yang didapat tiap pasien berbeda satu sama lain. Masalahnya, tak banyak yang berani mengambil hipnoterapi untuk keperluan perbaikan mental. Di antara penyebabnya yaitu takut kehilangan kontrol atas pemikiran dan perilaku.

Alasan ini sangat bisa dimaklumi karena memang seperti inilah yang terlihat di layar kaca sehingga banyak asumsi beredar kalau hipnoterapi membawa hal tak baik.

Padahal, hipnoterapi tak bisa membuat pasien melawan keinginannya. Artinya, kalau pasien tak mau melakukan apapun, maka tak akan ada yang terjadi. Justru yang terjadi adalah sebaliknya, hipnoterapi membantu membangun kesadaran diri dan mengatasi perilaku yang tak diinginkan.

Intinya, kalau ingin mengambil hipnoterapi sebagai perawatan alternatif, baiknya diskusikan dulu dengan hipnoterapis atau tenaga kesehatan mental yang dipilih.

Beri penjelasan mengenai gejala panik yang muncul, termasuk frekuensinya, waktu munculnya, juga kondisi lain yang punya kaitan dengan panik.

Yang wajib diingat, meski hipnoterapi bisa dilakukan ke semua orang, tapi kadang hipnoterapi tak cocok untuk semua orang. Bukan tak bisa, hanya tak cocok. Ini karena perbedaan respon saat menerima sugesti.

Hubungi Kami

Layanan Berkualitas Yang Anda Terima Akan Kami kemas ke dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, Ditambah Konsultasi Psikologi, Yang Pada Akhirnya Menjadi All in One Solution   Hipnoterapi Jakarta  Yang berkualitas, yang akan membuat anda Tidak Perlu kemana-mana lagi.

Butuh Info Lebih Detail?