WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

Kesehatan Mental Mahasiswa, Penting Tapi Sering Diabaikan

Jan 31, 2019 | Layanan Hipnoterapi | 0 Komentar

Hipnoterapi Kesehatan

Kesehatan Mental 

Setidaknya gangguan kesehatan mental mahasiswa dialami oleh 1 dari 4 orang diantaranya. Hal itu dilakukan oleh Cindy H. Liu bersama rekan peneliti lainnya terhadap 108 kampus di Amerika Serikat. Penelitian itu melibatkan tak kurang dari 67.308 orang mahasiswa yang masih aktif menjalani perkuliahan. Ditemukan bahwa setidaknya 75 persen diantara mereka dalam rentang waktu 1 tahun menghadapi satu masalah yang membuat mereka sangat stres.

Fenomena tersebut tentu sangat mengkhawatirkan mengingat mahasiswa berada pada fase ketika mereka akan beralih ke usia dewasa. idealnya mereka bisa menjalani proses tersebut dengan baik untuk banyak belajar mempersiapkan diri dengan berbagai tuntutan ketika dewasa. tapi ironisnya justru masa tersebut sering gagal mereka lalui karena kesehatan mental mahasiswa yang terganggu. Berikut ulasannya yang lebih mendalam.

Masalah yang Banyak Terjadi

Seperti yang dilansir dalam laman Hellosehat.com, disebutkan bahwa terdapat beberapa masalah kesehatan mental yang dialami oleh para mahasiswa. Berikut beberapa masalah tersebut :

  • Depresi

Hal ini didapatkan dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Psychological Association. Bahwa kasus depresi yang dialami oleh para mahasiswa meningkat sekitar 10 persen dalam satu dekade terakhir. Cukup banyak kasus depresi yang tidak tertangani akhirnya berujung pada aksi bunuh diri.

  • Gangguan Makan

Hal ini juga menjadi salah satu masalah kesehatan mental mahasiswa yang banyak terjadi, seperti bulimia, anoreksia atau binge eating. Mereka tidak dapat mengendalikan diri untuk makan atau bahkan sebaliknya benar-benar sulit untuk makan. kebanyakan hal itu dipengaruhi oleh stres karena banyaknya tugas atau hidup merantau.

  • Alkohol dan Narkoba

Hal ini juga menjadi salah satu masalah yang banyak dilakukan mahasiswa, sebagai bentuk pelampiasan atau pengalihan dari berbagai tekanan perkuliahan.

Selain tiga gangguan kesehatan mental mahasiswa tersebut, gangguan seperti insomnia, ADHD, gangguan kecemasan hingga keinginan untuk menyakiti diri sendiri juga banyak dialami oleh mahasiswa.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Sebab para mahasiswa mengalami depresi atau gangguan mental selainnya memang bisa sangat beragam. Namun salah satu sebab yang membuat mereka merasa depresi adalah tuntutan untuk bisa memberikan prestasi akademik atau diterima oleh lingkungan. Biasanya tuntutan prestasi akademik diberikan oleh orangtua, apalagi bagi mereka yang sudah mengeluarkan banyak biaya untuk kuliah anaknya, cenderung memberikan ekspektasi yang tinggi. Hal itu yang kemudian sering membuat mahasiswa tertekan.

Selain tuntutan orangtua, keinginan mahasiswa untuk diterima lingkungan juga membuatnya sering merasa stres. Mengingat mereka lebih banyak bergaul dengan teman sesama mahasiswa, akhirnya mereka terdorong supaya bisa berbaur dengan mereka. Hal itu yang kemudian bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental mahasiswa, karena mereka tak jarang akhirnya berusaha memaksakan diri demi bisa menyesuaikan dengan lingkungan, bahkan meski sebenarnya mereka tidak mampu.

Penanganan Cepat Sebelum Terlambat

Jika Anda adalah orangtua yang memiliki anak mahasiswa dengan gejala gangguan kesehatan mental atau memiliki teman mahasiswa yang seperti itu, penting untuk Anda segera membantu mereka. Awalnya pasti akan sulit, terutama untuk membuat mereka mau menerima kenyataan mengalami gangguan kesehatan mental, namun jangan menyerah. Karena tentunya Anda tidak ingin kehilangan mereka ataupun melihat mereka semakin sengsara.

Jika Anda bingung, lebih baik serahkan masalah ini kepada ahlinya. Kami https://herumindset.com/ bisa membantu Anda karena telah memiliki kompetensi dan pengalaman untuk menangani masalah kesehatan mental termasuk yang banyak dialami oleh para mahasiswa. Silakan Anda menghubungi kami di https://herumindset.com/contact/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan kami. Jangan tunggu lebih lama lagi untuk mulai peduli dan menangani gangguan kesehatan mental mahasiswa.

MCW902



Hubungi Kami

Layanan Berkualitas Yang Anda Terima Akan Kami kemas ke dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, Ditambah Konsultasi Psikologi, Yang Pada Akhirnya Menjadi All in One Solution   Hipnoterapi Jakarta  Yang berkualitas, yang akan membuat anda Tidak Perlu kemana-mana lagi.

Butuh Info Lebih Detail?