WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

Penyebab Anak Malas Belajar dan Solusi Ampuh Menanganinya

Hipnoterapi Anak

Solusi Anak Malas Belajar

Banyak orangtua yang dibuat bingung dengan masalah anak malas belajar di rumah maupun di sekolah. Mereka tidak mau memperhatikan apa yang diterangkan oleh para guru, bahkan meski mereka sudah ditempatkan di sekolah dengan guru-guru terbaik. Mereka juga enggan untuk mengerjakan PR hingga membuat orangtuanya harus selalu memaksa mereka. Pada akhirnya orangtua pun tidak bisa berharap banyak untuk menerima laporan hasil belajar anaknya dengan nilai yang memuaskan.

Sebagian orangtua memandang masalah ini sebagai hal yang sepele, karena menganggap bahwa anak kecil memang sulit untuk disuruh belajar. Namun sebagian lainnya mulai cemas melihat masalah ini, karena mereka sudah memandang ini akan menjadi masalah yang lebih besar kedepannya, mau tidak mau mereka harus menyelesaikan masalah anak malas belajar. Jika Anda termasuk kelompok kedua, Anda menemukan artikel yang tepat.

Penyebab Anak Malas Belajar

Hal yang menyebabkan anak menjadi malas belajar bisa dari dalam diri ataupun juga luar diri mereka. Faktor internal yang sering menjadi penyebabnya adalah anggapan anak akan aktivitas belajar yang tidak menyenangkan, sehingga kemudian mereka merasa bosan, tertekan, sulit untuk konsentrasi, enggan untuk mendengarkan guru, atau bahkan menganggapnya tidak penting. Wajar jika mereka kemudian memilih untuk bermain karena menganggap bahwa hal itu jauh lebih menyenangkan.

Selain karena aspek internal, penyebab anak malas belajar juga bisa dari faktor luar diri anak. Orangtua bisa mencari tahu tentang bagaimana kondisi lingkungan sekolah. Jika anak hanya malas pada pelajaran tertentu, bisa jadi gurunya yang mengajarnya kurang menarik atau membuat anak kurang nyaman. Jika hal itu merata di semua mata pelajaran, bisa jadi lingkungan pertemanan yang menjadi sebab. Karena banyak kasus anak malas ternyata dikarenakan bullying.

Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar

Sardiman (2005:92-94), menjelaskan beberapa cara yang bisa digunakan oleh orangtua untuk menumbuhkan motivasi belajar anaknya. Pertama, menumbuhkan kesadaran kepada anak tentang kenapa mereka harus belajar, tentang betapa pentingnya hal itu untuk masa depan mereka. Hal ini tentu tidak akan selesai hanya dengan sekali penjelasan, karena dibutuhkan berkali-kali supaya nilai itu benar-benar tertanam. Dibutuhkan kesabaran dari orangtua supaya solusi ini efektif mengatasi masalah anak malas belajar.

Solusi lain yang bisa digunakan untuk mendorong motivasi belajar anak adalah dengan memberikannya reward dengan syarat mereka bisa memberikan prestasi belajar sesuai target. Keinginan mereka untuk mendapatkan reward itu akan otomatis mendorong mereka supaya mendapat hasil belajar yang bagus. Hanya pastikan juga orangtua mengontrol, karena cara ini bisa disiasati oleh anak dengan berlaku curang, misal mencontek temannya.

Selain kedua itu orangtua juga bisa menggunakan kompetisi, memberikan pujian atau bahkan hukuman. Tentunya disesuaikan dengan konteks sebab anak malas belajar.

Solusi Ketika Tidak Efektif

Jika Anda mencoba cara itu tapi tetap tidak berhasil mendorong anak untuk belajar, tidak usah berkecil hati. Memang bukan perkara yang mudah untuk mengatasi masalah tersebut terutama jika ternyata ada masalah psikologis yang lebih mendasar. Anda bisa berkonsultasi dengan para ahlinya di https://herumindset.com/ . Kami bisa membantu Anda untuk menemukan substansi masalah anak Anda dan memberikan solusi yang efektif untuk menangani psikologisnya.

Anda hanya perlu menghubungi kami di https://herumindset.com/contact/ untuk mendapatkan penanganan segera dan mengetahui informasi lebih lanjut. Kami siap untuk menangani apapun jenis masalah anak malas belajar.

hern2198

a part of 99.al group

Published by
hern2198

Recent Posts

Pengobatan Gangguan Kepribadian

Pengobatan Gangguan Kepribadian

Cara utama dalam menangani gangguan kepribadian adalah melalui terapi psikologis atau kejiwaan di bawah bimbingan…

2 tahun ago
Penyebab Gangguan Kepribadian

Penyebab Gangguan Kepribadian

Kasus gangguan kepribadian umumnya dimulai pada usia remaja dan saat memasuki usia dewasa. Ada beberapa…

3 tahun ago
Gejala Gangguan Kepribadian

Gejala Gangguan Kepribadian

Berdasarkan jenisnya, gangguan kepribadian dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama adalah gangguan kepribadian kelompok A. Seseorang…

3 tahun ago
Penyebab Fobia Sosial

Penyebab Fobia Sosial

Kebanyakan orang mungkin bisa mengatasi rasa takut yang dialaminya. Namun, pada sebagian lainnya, rasa takut…

3 tahun ago
Pencegahan Percobaan Bunuh Diri

Pencegahan Percobaan Bunuh Diri

Data global menunjukkan setiap tahunnya lebih dari 800 ribu orang meninggal dunia karena bunuh diri…

3 tahun ago