WeCreativez WhatsApp Support
HERUMINDSET status is ONLINE
(Anda Terhubung Dengan \"Ibu Yulizar\")

Tidak Hanya Remaja Orang Dewasa Juga Bisa Mengalami Krisis Identitas

Hipnoterapi Kesehatan

Krisis Identitas / Krisis Eksistensial

Krisis identitas, atau yang juga disebut sebagai krisis eksistensial merupakan permasalahan psikologis dimana penderitanya merasa kehilangan makna hidup. Krisis eksistensial sering diidentikan dengan remaja. Remaja yang berada pada masa pencarian jati diri memang sangat rentan mengalami kehilangan makna hidup. Ketidakmampuan remaja dalam menemukan jati dirinya menimbulkan kehampaan diri, perasaan tidak bermakna, dan tidak memiliki tujuan hidup kedepan.

Krisis Eksistensial Tidak Hanya Menyerang Remaja

Erik erikson, seorang psikolog dan psikoanalisis yang menciptakan istilah krisis eksistensial menyatakaan bahwa kepribadian yang dimiliki oleh seorang manusia akan senantiasa berkembang selama proses memecahkan krisis / permasalahan dalam hidup. Manusia, merupakan makhluk yang istimewa dengan segala perangkat berfikir dan merasanya. Setiap manusia pasti senantiasa menghadapi berbagai masalah dalam kehidupanya. Karena itu, krisis psikologi bisa terjadi kepada siapa saja yang mengalami gejala-gejala tertentu.

Masalah hidup, tidak selalu memiliki nilai yang negatif. Permasalahan dan ujian hidup dapat membuat seseorang menjadi semakin kuat dan menjadi lebih baik. Ibarat pengetahuan dan kemampuan, akan berkembang apabila mampu menghadapi sebuah ujian dan permasalahan baru. Namun kegagalan dalam menyikapi sebuah permasalahan, dapat menimbulkan permasalahan psikologis serius, salah satunya krisis eksistensial ini.

Penyebab Krisis Identitas

Menurut Viktor Franklin (1969), frustasi existensial diartikan suatu keadaan penderitaan batin berupa adanya perasaan-perasaan hampa, keadaan mati sebelum mati. Orang dewasa yang sangat membenci pekerjaanya, mengalami perceraian dengan pasangan yang sangat dicintai, ditnggal orang yang sangat dicintai, kehilangan harta benda, mengalami trauma, mendapatkan penyakit serius, abisinya hancur, prinsip hidupnya runtuh karena sebuah masalah, atau berbagai hal sejenisnya bisa saja mengalami krisis eksistensial.

Harapan untuk mendapatkan pencapaian tinggi dalam hidup dengan lancar, senantiasa dihadapkan dengan realita yang naik turun. Lihat saja bagaimana perjalan hidup orang-orang sukses di dunia. Kolonel sanders, pendiri KFC, memulai bisnisnya mengalami penolakan sebanyak 1009 kali sebelum produknya laku terjual di pasaran. Lihat juga bagaimana perjalan hidup Bob Sadino, Jack Ma, dan orang-orang sukses lainya. Kegagalan dalam memaknai berbagai permasalahan hidup dapat menyebabkan kehilangan makna hidup.

Dampak Krisis Identitas Pada Orang Dewasa

Krisis eksistensial menimbulkan berbagai permasalahan psikologis seseorang dalam memandang kehidupanya sendiri. Seseorang yang mengalami krisis eksistensial menjadi putus asa dengan hidup dan semua mimpi-mimpinya. Bahkan pada tingkat yang ekstrim, seseorang akan merasa gagal dalam hidupnya dan merasa tidak memiliki apa-apa lagi yang ingin dia kejar bahkan hingga taraf ingin mengahiri hidupnya.

Seseorang akan mudah tersinggung, tempramental, tidak memiliki semangat hidup, lesu dan lemas, pandangan matanya kosong, serta sering melamun. Nafsu makan juga akan menurun secara drastis karena beban pikiran yang terlalu berat sehingga kehilangan kemampuan merasakan kenikmatan. Hal tersebut akan mengakibatkan berbagai gangguan mental dan fisik sehingga sangat rentan mengalami berbagai penyakit dan juga permasalahan mental.

Terapi Terhadap Krisis Identitas Orangย Dewasa

  • Rasional dalam melihat masalah

Seringkali permasalahan menjadi besar justru karena pikiran kita sendiri. โ€œbagaimana kalau begini?โ€, โ€œbagaimana kalau begitu?โ€ dan pertanyaan sejenis lainya. Padahal seringkali permasalahan yang kita hadapi tidak sebesar yang kita pikirkan. Cobalah sharingkan masalah dengan pasangan/keluarga dan minta pandangan mereka.

  • Berfokus terhadap pemecahan masalah

Permasalahan hidup merupakan kepastian. Karena itu, jangan terlalu mendramatisirnya. Permasalahan tidak akan selesai bila hanya memikirkan permasalahan tersebut dan berbagai pengandaian dibelakangnya. Fokuslah pada โ€œbagaimana masalah ini bisa saya pecahkanโ€.

  • Konsultasi

Bila anda tidak bisa mengatasinya secara mandiri, konsultasikan pada ahlinya, seperti https://herumindset.com/. Dengan menghubungi http://herumindset.com/contact/ akan membantu mengatasi permasalahan krisis identitas yang anda alami.

hern2198

a part of 99.al group

Recent Posts

Pengobatan Gangguan Kepribadian

Pengobatan Gangguan Kepribadian

Cara utama dalam menangani gangguan kepribadian adalah melalui terapi psikologis atau kejiwaan di bawah bimbingan…

2 tahun ago
Penyebab Gangguan Kepribadian

Penyebab Gangguan Kepribadian

Kasus gangguan kepribadian umumnya dimulai pada usia remaja dan saat memasuki usia dewasa. Ada beberapa…

3 tahun ago
Gejala Gangguan Kepribadian

Gejala Gangguan Kepribadian

Berdasarkan jenisnya, gangguan kepribadian dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama adalah gangguan kepribadian kelompok A. Seseorang…

3 tahun ago
Penyebab Fobia Sosial

Penyebab Fobia Sosial

Kebanyakan orang mungkin bisa mengatasi rasa takut yang dialaminya. Namun, pada sebagian lainnya, rasa takut…

3 tahun ago
Pencegahan Percobaan Bunuh Diri

Pencegahan Percobaan Bunuh Diri

Data global menunjukkan setiap tahunnya lebih dari 800 ribu orang meninggal dunia karena bunuh diri…

3 tahun ago