Biaya Konsultasi Psikologi; Apakah Cukup Terjangkau?

img source : https://herumindset.com/blog/wp-content/uploads/2018/12/5.-Biaya-Konsultasi-Psikologi-Apakah-Cukup-Terjangkau.jpg

Biaya konsultasi psikologi memang seringkali menjadi momok tersendiri bagi mereka yang ingin menjalankannya. Wajar saja hal ini terjadi karena seringkali konsultasi yang dilakukan dengan psikolog akan menghabiskan cukup banyak biaya, hanya untuk satu konsultasi saja. Akan tetapi, sekarang ini konsultasi dengan psikolog sudah lebih terjangkau dari segi biaya. Ingin tahu lebih lanjut tentang kisaran harga yang perlu dikeluarkan untuk satu kali konsultasi?

Kisaran Biaya Konsultasi Psikologi yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda bertanya-tanya tentang kisaran harga untuk satu kali konsultasi psikologi, bisa jadi Anda membutuhkan biaya di atas Rp. 200.000,-. Bahkan ada pula yang mematok harga lebih dari itu. Jadi, sangat wajar jika banyak orang yang menganggap bahwa konsultasi psikologi sangat membutuhkan banyak biaya. Akan tetapi, sekarang ini permasalahan tersebut sudah bisa diatasi. Hal ini membuat konsultasi psikologi menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat luas.

Ya, sekarang ini, Anda bisa melakukan konsultasi psikologi dengan memanfaatkan bantuan adanya BPJS. BPJS sangatlah berguna dan bermanfaat karena bisa mendekatkan masyarakat pada kesehatan. Lantas, bagaimana caranya untuk memanfaatkan kegunaan BPJS untuk meringankan biaya konsultasi psikologi? Tentunya, Anda harus memastikan bahwa kartu BPJS yang Anda miliki sudah diperbaharui sehingga bisa digunakan dengan selayaknya.

Setelah itu, Anda bisa melakukan konsultasi dengan psikolog yang ada di rumah sakit atau di Puskesmas terdekat Anda. Jika Psikolog yang Anda kunjungi ada di tempat di mana BPJS Anda digunakan, maka Anda tidak perlu membuat surat rujukan. Ya, surat rujukan diperlukan untuk para pengguna BPJS yang ingin melakukan pengobatan dan konsultasi pada psikolog di tempat lain.

Jika Anda membutuhkan surat rujukan, maka Anda bisa memintanya pada tempat di mana BPJS Anda diberlakukan. Tulislah nama psikolog atau tempat konsultasi mana yang ingin Anda kunjungi dan pastikan bahwa tempat tersebut juga bisa menerima pengobatan lewat BPJS. Setelahnya, Anda bisa mempergunakan surat tersebut untuk proses konsultasi sebaik mungkin hingga Anda merasa kondisi Anda sudah membaik.

Dengan adanya keringanan tersebut, tentunya sekarang ini akses untuk melakukan konsultasi bersama psikolog menjadi lebih mudah dan terjangkau. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir tentang besarnya biaya yang harus dikeluarkan, karena adanya akses BPJS tersebut bisa sangat membantu Anda untuk menangani berbagai permasalahan psikologi yang Anda alami. Anda pun bisa berkonsultasi dengan para ahli yang tepat.

Lewat konsultasi-konsultasi yang Anda lakukan, Anda bisa mendapatkan berbagai perawatan dan terapi yang memang diperuntukkan untuk Anda. Anda mungkin akan melewati beberapa sesi untuk konsultasi dan Anda bisa saja diharuskan untuk melakukan berbagai terapi. Salah satu contohnya adalah hipnoterapi yang memang biasanya juga dilakukan oleh para psikolog. Demikian itu tadi informasi tentang biaya konsultasi psikologi untuk Anda.

Love This Article?
Whatsapp

One thought on “Biaya Konsultasi Psikologi; Apakah Cukup Terjangkau?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *