Hipnoterapi pada Anak, Efektifkah?

Seorang ibu baru-baru ini menceritakan kondisi anaknya dengan suatu ketakutan yang tidak biasa. Bagaimana tidak, anak dari ibu ini takut pada air (dalam hal ini air yang volumenya cukup banyak, seperti pada kolam renang atau sungai, misalnya). Usut punya usut, si anak memang mengalami trauma yang diakibatkan oleh peristiwa menyakitkan pada masa lalu, yakni ketika nyawanya hampir lunas gara-gara terseret kuatnya arus ombak di pantai.

Nah, melihat hal tersebut, adakah dari pembaca sekalian yang juga memiliki anak dengan trauma atau kondisi psikologis yang tidak biasa? Gangguan kondisi psikologis tersebut bisa berwujud ketakutan berlebihan pada sesuatu, seperti takut gelap, takut naik tangga, takut dengan orang berkumis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hampir bisa dipastikan, rasa takut berlebih ini disebabkan oleh trauma masa lalu yang dialami si anak dan bukan tidak mungkin hal ini perlahan akan memengaruhi pembentukan karakternya saat menginjak usia dewasa.

Hipnoterapi pada Anak

Lalu, mungkinkah trauma semacam ini disembuhkan? Sangat mungkin, selain berkonsultasi dengan ahli psikologis anak, cara lain yang bisa kita, sebagai orang tua, tempuh adalah dengan melakukan proses hipnoterapi pada anak kita.

Hipnoterapi sendiri merupakan sebuah metode penyembuhan yang memanfaatkan keadaan pikiran bawah sadar seseorang. Melalui proses ini, pikiran-pikiran bawah sadar kita akan disugesti dengan hal-hal positif yang berdampak pada “dikeluarkannya” hal-hal negatif yang selama ini mengganggu pikiran, seperti penyebab trauma tersebut.

Yang menjadi salah kaprah tentang hipnoterapi adalah mereka yang menjalani metode penyembuhan ini akan merasa dirinya rendah, minder, bodoh, dan sebagainya. Padahal, proses hipnoterapi sendiri bertujuan untuk memunculkan rasa percaya diri, optimis, motivasi, serta citra diri yang positif kepada anak-anak dengan bermacam gangguan psikologis.

Nah, di sinilah peran ayah ibu sebagai orang terdekat anak untuk terus mendukung dan meyakinkannya. Perlu diketahui, proses hipnoterapi akan berjalan efektif jika tidak ada penolakan-penolakan dari pikiran penerimanya. Setelah yakin bahwa si anak sudah siap menerima hipnoterapi ini, maka proses bisa dilanjutkan.

Yang perlu diingat, hipoterapi bukanlah proses penyembuhan yang instan, karenanya sebagai orang tua kita harus sabar ketika memutuskan untuk membawa anak kepada terapis. Intinya, pastikan anak sedang berada dalam kondisi senyaman-nyamannya agar proses terapi bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk menanamkan rasa percaya diri pada mereka. Dalam hal ini, dukungan penuh dari orang tua sangat besar peranannya.

Saat ini sudah banyak orang yang beralih ke metode terapi sebagai sarana penyembuhan yang paling tepat untuk berbagai gangguan psikologis, tidak terkecuali yang terjadi pada anak-anak. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar pengobatan atau terapi ini, jangan ragu untuk mengontak kami di herumindset.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *